Nyaris Berusia Dua Abad, Kebun Raya Bogor Bakal Inisiasi Dua Kebun Raya Baru

Nyaris Berusia Dua Abad, Kebun Raya Bogor Bakal Inisiasi Dua Kebun Raya Baru
info gambar utama

Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Rabu (18/5) lalu merayakan ulang tahun ke-199. Memasuki umur yang hampir dua abad tersebut, Kebun Raya Bogor menginisiasi dua kawasan kebun raya daerah baru.

“Tahun 2016 ini pembangunan kebun raya daerah baru akan diinisiasi oleh LIPI bersama dua mitra, yaitu Kabupaten Gianyar, Bali dan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung," ujar Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain di Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, LIPI juga mengejar target 47 kebun raya yang mewakili 47 ecoregion di Indonesia, LIPI bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Saat ini ini telah dibangun dan dibina 30 kebun raya daerah di Indonesia termasuk lima kebun raya di bawah pengelolaan LIPI yang semuanya sudah ada dalam road map pembangunan kebun raya hingga tahun 2019," kata Iskandar.

Pada acara peringatan ulang tahun Kebun Raya Bogor tersebut, Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengungkapkan terima kasih kepada LIPI yang telah mengembalikan Kota Bogor ke khittah-nya sebagai Kota Hijau melalui keberadaan Kebun Raya Bogor.

“Kebun Raya Bogor itu surga dunia tapi kalau di luar pagar itu dunia lain,” ujar Bima Arya. Dirinya mengungkapkan agar Kota Bogor bisa seteduh dan senyaman Kebun Raya Bogor, pihaknya akan menggalakkan pembangunan taman-taman kota untuk ruang hijau publik.

Peringatan ulang tahun Kebun Raya Bogor diisi pula dengan acara penandatangan pembangunan dua kebun raya daerah baru dan penandatangan perpanjangan kerjasama dengan Kebun Raya Banua, Kalimantan Selatan dan Kebun Raya Baturraden, Jawa Tengah.

Sumber : LIPI
Sumber Gambar Sampul : junglekey.in

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini