Lupa Sandi?

35000 Megawatt, Proyek Besar Penyediaan Energi Listrik Indonesia

Renatha Agung Yoga Prasetya
Renatha Agung Yoga Prasetya
0 Komentar
35000 Megawatt, Proyek Besar Penyediaan Energi Listrik Indonesia

Pemerintah telah berkomitmen untuk merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35 ribu Megawatt (MW) dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019). Dalam jangka waktu tersebut, pemerintah bersama PLN dan swasta akan membangun 109 pembangkit; masing-masing terdiri 35 proyek oleh PLN dengan total kapasitas 10.681 MW dan 74 proyek oleh swasta/Independent Power Producer (IPP) dengan total kapasitas 25.904 MW.

Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 6-7 persen setahun, penambahan kapasitas listrik di dalam negeri membutuhkan sedikitnya 7.000 megawatt (MW) per tahun. Artinya, dalam lima tahun ke depan, penambahan kapasitas sebesar 35.000 MW menjadi suatu keharusan. Kebutuhan sebesar 35 ribu MW tersebut telah dikukuhkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

PT PLN sendiri telah membuat proyeksi penyelesaian pembangunan proyek kelistrikan 35.000 Megawatt (MW).

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir menjelaskan, dalam program tahap pertama PLN telah menyelesaikan penandatanganan power purchasing agreement (PPA) dengan Independet Power Purchasing (IPP) sebesar 14.000 MW untuk program kelistrikan 35.000 MW pada tahun lalu.

Baca Juga

Rata-rata kapasitas pembangkit listrik yang telah ditandatanganani tahun lalu sebesar 600 MW hingga 1.000 MW dengan waktu penyelesian antara 48 bulan hingga 54 bulan. "Oleh karena itu kami dahulukan yang besar dulu tahun lalu,"ujar Sofyan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI.

Sementara, pada tahun ini, PLN menargetkan program tahap kedua dengan penambahan tandatangan PPA pembangkit kelas menengah dan kecil dengan total kapasitas mencapai 12.000 MW. Pelaksanaan program ini diharapkan akan selesai kurang lebih selama tiga tahun.

Program tahap ketiga akan dilaksanakan oleh PLN dengan cara menandatangani pembangkit listrik kapasitas kecil yang bisa diselesiakan pada dua tahun. "Sehingga pada akhir 2019 kami perkirakan program 35.000 MW bisa selesai dengan baik,"ujar Sofyan.




Sumber : kontan.co.id pln.co.id
Sumber Gambar Sampul : tangseltoday.com

Label:
listrik
proyek
Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG RENATHA AGUNG YOGA PRASETYA

Faith, Courage, Honesty, and Passion

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Kopi dan Sawit Indonesia Seharga Pesawat Tempur Rusia

Indah Gilang Pusparanisatu minggu yang lalu

Indonesia, Negara Eksportir Kopi Terbesar Dunia?

Agatha Olivia Victoriasatu minggu yang lalu

Menteri Susi: Laut Natuna Penting bagi Indonesia

Adriani Zulivan2 minggu yang lalu
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata