Ahmad Soekarno di Pusat Kota Kairo

Ahmad Soekarno di Pusat Kota Kairo
info gambar utama

Bulan Juni adalah bulan yang istimewa bagi Indonesia, dimana pada bulan ini, para pemimpin Indonesia di masa lalu (dan masa kini) dilahirkan. Mulai dari Bung Karno, Pak Harto, pak Habibie, hingga Presiden Joko Widodo. Ada baiknya kita menghayati peran mereka dalam membangun negerinya, bahkan banyak di antaranya yang mendapat pengakuan dari bangsa-bangsa lain di dunia.

Contohnya adalah Bung Karno yang punya hubungan baik dengan negara-negara dunia ketiga di masanya. Seperti Mesir.

Puncak harmonisnya hubungan RI – Mesir, terjadi ketika kedua negara ini dipimpin oleh Ir. Soekarno dari Indonesia dan Gammal Abdul Nasser dari Mesir. Untuk diketahui, Presiden Indonesia pertama dikenal di Mesir dengan nama Ahmad Soekarno. Penambahan nama Ahmad dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia di Mesir untuk memperkuat nuansa keislaman sehingga menarik perhatian masyarakat Mesir bahwa Presiden Indonesia beragama Islam, seragam dengan nama Wakil Presiden yang diawali nama Mohammad, lengkapnya Mohammad Hatta. Keduanya (Ahmad dan Muhammad) merupakan nama-nama Islami.

Tercatat, enam kali Soekarno menggunjungi negeri ini.Selain itu, persahabatannya dengan Nasser dan aktifitas keduanya sebagai pemrakarsa di Konferensi Asia-Afrika, membuat nama Presiden Soekarno begitu harum di mata pemerintah dan rakyat Mesir, sehingga namanya diabadikan sebagai nama jalan di Mesir. Letaknya bersebelahan dengan Jalan Sudan, Daerah Kit-Kat Agouza Geiza. Jalan ini bisa dicapai dari kawasan mahasiswa di al-Hay al-Asyir (Sektor 10) Madinat al-Nashr (Nasr City) dengan menaiki bus hijau nomor 109 dan 167.

Faktasejarah.wordpress.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini