Ini 3 Lokasi Diving di Indonesia yang Bisa Bertemu Ikan Terbesar di Dunia

Ini 3 Lokasi Diving di Indonesia yang Bisa Bertemu Ikan Terbesar di Dunia
info gambar utama

Lautan Indonesia dikenal sebagai segitiga biodiversitas dunia. Berbagai macam makhluk lautan dapat ditemui di tanah air kita ini. Mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar seperti Hiu Paus. Tidak heran bila kemudian Indonesia menjadi destinasi wisatawan dari berbagai dunia yang mereka rela untuk diving di beberapa tempat untuk menikmati kekayaan Indonesia.

Menariknya, Indonesia ternyata merupakan negara yang disinggahi oleh ikan terbesar di dunia, Hiu Paus. Lokasinya pun ternyata tidak hanya satu tempat, melainkan diketahui ada tiga teritori yang digunakan ikan raksasa tersebut untuk nursery (berkembangbiak dan pembesaran).

Dimana sajakah lokasi diving yang dapat bertemu dengan hiu bernama latin Rhincodon Typus itu? Berikut adalah daftarnya:

1. Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua

Lokasi ini sudah sejak lama dikenal sebagai lokasi aktifitas makhluk-makhluk laut besar seperti Manta ataupun Paus. Keduanya bahkan sempat dikabarkan berada dalam satu wilayah. Perairan Teluk Cendrawasih terletak di sebelah utara Papua yang menjadi bagian dari Taman Nasional Cendrawasih yang merupakan taman nasional dengan wilayah perairan terluas di Indonesia.

Tepatnya di Desa Kwantisore, Hiu Paus sering kali ditemukan muncul ke permukaan dan biasa berinteraksi dengan warga lokal.

2. Talisayan, Berau, Kalimantan Timur

A photo posted by Hup! (@beatles_hup) on

Sama seperti di Teluk Cendrawasih, lokasi ini juga sering ditemukan hewan-hewan laut ukuran besar mondar-mandir dalam satu titik. Kabarnya, Hiu Paus pertama kali ditemukan dilokasi ini adalah sekitar 10 tahun yang lalu oleh para nelayan di Talisayan.

Tidak hanya individu, di lokasi ini Hiu Paus ditemukan dalam penelitian lebih lanjut sering berkelompok. Itulah mengapa titik Talisayan dianggap penting bagi konservasi Hiu Paus.

3. Gorontalo, Gorontalo

Provinsi baru di Pulau Sulawesi ini kini memiliki atraksi maritim baru ketika ternyata Hiu Paus juga dapat ditemui di Perairan Gorontalo. Hanya saja, dilokasi ini ikan bermotif tutul tersebut dipercaya hanya melakukan migrasi atau numpang lewat saja. Berbeda dengan Hiu Paus yang ada di Teluk Cendrawasih.

Tiga lokasi diatas menunjukkan bahwa untuk menikmati keindahan laut Indonesia, kita tidak perlu terbang jauh-jauh ke negara lain. Sebab di negara ini sudah banyak keajaiban alam yang tidak hentinya memukau masyarakat dunia. Kita sudah sepatutnya bangga dengan Indonesia.

Sumber : Detik Travel
Sumber Gambar Sampul :earthtimes.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini