Hebat! BLH Yogyakarta Olah Sampah Plastik Jadi Ecobricks

Hebat! BLH Yogyakarta Olah Sampah Plastik Jadi Ecobricks
info gambar utama

Pengolahan limbah sampah utamanya plastik selalu menjadi masalah yang serius. Berbagai macam cara dilakukan para pemerhati lingkungan hidup untuk mengatasi dampak sampah plastik. Seperti yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, yang saat ini sedang mengembangkan pengolahan sampah plastik menjadi material ramah lingkungan yang disebut ecobricks.

Seperti dilansir ANTARA, projek inovasi tersebut dilakukan BLH Yogyakarta dengan bantuan pasangan Russell Maier dan Ani Himawati serta Jejaring Pengelola Sampah Mandiri.


"Selama ini, sampah plastik sangat sulit ditangani. Jumlahnya pun cukup banyak, mencapai 14 persen dari total sampah yang dihasilkan Kota Yogyakarta sebesar 240 ton per hari," kata Kepala Sub Bidang Daur Ulang Sampah Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta Faizah di Yogyakarta, Rabu.

Faizah mengungkapkan bahwa sampah plastik baru bisa terurai secara alami dalam waktu 10 hingga 80 tahun dan jika dibakar justru menghasilkan molekul dioxin yang bersifat racun. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi yang mampu mengurangi sampah plastik dan mengolahnya kembali. Ecobricks merupakan salah satu solusi yang diharapkan mampu mengolah kembali sampah plastik menjadi material yang ramah lingkungan dan tetap bernilai fungsi.

Material ramah lingkungan tersebut dibuat dengan memasukkan dan memadatkan sampah plastik yang sudah bersih dan kering ke dalam botol plastik. Botol plastik dianggap masih menjadi sebuah wadah yang cukup kokoh, sebab sebuah botol plastik berukuran 600 mililiter dapat diisi sekitar 250 gram sampah plastik atau setara dengan 2.500 lembar plastik bungkus mi instan.

BLH Kota Yogyakarta mulai melakukan sosialisasi ke masyarakat mengenai ecobricks sejak Maret dan hingga kini sudah ada hampir 6.000 ecobricks yang dihasilkan oleh warga. Mulai banyaknya material ecobricks yang terkumpul, menurut Faizah akan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di antaranya disusun menjadi bangku, meja atau permainan edukatif untuk anak-anak.


"Tinggal ditempel menggunakan lem silikon menjadi bentuk yang diinginkan," katanya.

BLH Kota Yogyakarta akan mencanangkan gerakan pembuatan ecobricks pada Jumat (3/6) bertempat di Gajahwong Educational Park. "Pembuatannya sangat mudah, seharusnya seluruh masyarakat bisa membuatnya," katanya.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Sampul : beagleybrown.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini