Lupa Sandi?

Peluang Indonesia Menjadi Destinasi Wisata Muslim Nomor Satu di Dunia

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
1 Komentar
Peluang Indonesia Menjadi Destinasi Wisata Muslim Nomor Satu di Dunia

Kekayaan alam Indonesia memang sudah tak diragukan lagi keindahannya. Mulai dari alam bawah laut, pantai, gunung, hutan, padang rumput, bukit, dan masih banyak lagi yang belum disebutkan. 

Baru-baru ini terdapat sebuah survei terhadap wisatawan dunia, posisi Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata untuk muslim mengalami kemajuan.

Survei bernama Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016 tersebut mencoba melacak posisi popularitas berbagai negara di pasar wisata muslim. Dan Indonesia tahun ini mengalami kenaikan peringkat dari posisi enam menjadi keempat dengan capaian 70,6 persen.

Setelah Indonesia, negara-negara Timur Tengah banyak menjadi destinasi favorit. Negara tersebut seperti Qatar, Arab Saudi, Oman, Morocco, Jordan, dan Bahrain. 

Survei yang melibatkan 130 destinasi wisata tersebut dinilai oleh para wisatawan dari berbagai dunia dalam beberapa kriteria, seperti kesesuaian destinasi liburan keluarga, tingkat layanan dan fasilitas, pilihan akomodasi, pemasaran, serta kedatangan pengunjung. Sebagai tambahan, tahun ini menyertakan kriteria baru yaitu ketersediaan akses layanan penerbangan dan persyaratan visa.

Sebelumnya, pada 20 Oktober 2015, Lombok terpilih sebagai The World’s Best Halal Destination dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Emirat Arab. Pada ajang itu, Indonesia membawa pulang penghargaan World’s Best Family Friendly Hotel untuk Sofyan Hotel Jakarta.

Dengan penghargaan tersebut, Indonesia sudah mulai "dilirik" oleh dunia khususnya oleh wisatawan muslim sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk urusan destinasi wisata, sepertinya Indonesia memiliki stok yang sangat melimpah. Tak hanya destinasi alam saja namun destinasi wisata religi pun sudah dimiliki Indonesia sejak lama. Namun beberapa PR yang harus diselesaikan seperti pengelolaan di lokasi wisata yang meliputi makanan, fasilitas ibadah, sanitasi dan fasilitas air yang memadai, transportasi, akomodasi, kerjasama antara pihak pengelola wisata serta pemerintah dan program-program promosi wisata halal dikabarkan ke penjuru dunia harus segera digarap untuk mewujudkan hal tersebut.

Menurutmu bagaimana? Apakah Indonesia mungkin menjadi destinasi wisata muslim nomor satu di dunia?  


Sumber : www.cnnindonesia.com 

Pilih BanggaBangga25%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang38%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau38%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara