Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia di Greater Glasgow (PPI Greater Glasgow) siap menampilkan pagelaran budaya “Indonesian Cultural Day (ICD) 2016” di hadapan publik Glasgow, Skotlandia pada Sabtu (4/6).

Kali ini panitia membawa tema ‘Experience Indonesia’ yang diselenggarakan di gedung University of Strathclyde Student Union. Atraksi-atraksi seperti tarian dan musik tradisional, permainan, cerita rakyat, makanan, pameran foto, serta pemutaran film Indonesia, siap memanjakan publik kota terbesar di Skotlandia itu.

Film-film yang akan ditampilkan antara lain adalah Epic Java, Indonesia Kirana, dan Montage of Edelweiss. Acara puncak akan ditutup dengan penampilan spesial dari Gamelan Naga Mas, kelompok gamelan lokal di Glasgow yang telah berdiri sejak 1990. Dipimpin oleh komposer Royal Conservatoire of Scotland J. Simon van der Walt, Gamelan Naga Mas akan menampilkan permainan gamelan bernuansa modern.

“ICD 2016: Experience Indonesia akan menampilkan keindahan budaya Indonesia kepada publik Glasgow. Pengunjung tentunya akan merasakan pengalaman unik melalui pertunjukan dan makanan kami sambil mengenal Indonesia lebih jauh melalui pemutaran film dan pameran foto,” ujar Ketua PPI Greater Glasgow Daniel Agriva Tamba.

ICD 2016 juga didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London yang terus mendorong para pelajar Indonesia untuk mempromosikan kekayaan serta keragaman budaya dan pariwisata Indonesia.

“Mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia ke publik Inggris Raya adalah upaya yang berkelanjutan karena Indonesia adalah sebuah negara yang sangat besar dan beragam. Kedutaan Besar Republik Indonesia mengapresiasi upaya dari PPI Greater Glasgow atas kreatifitas dan kemandiriannya dalam menjalankan tugas ini,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya dan Republik Irlandia Rizal Sukma.

“ICD 2016: Experience Indonesia adalah sebuah cara yang unik untuk mempresentasikan Indonesia melalui berbagai indera manusia, cocok dengan tagline-nya acara ‘See, Feel, Appreciate’. Atas nama pribadi dan KBRI, saya mengucapkan terimakasih kepada para panitia untuk usaha mereka yang luar biasa dalam mengenalkan Indonesia di Glasgow, semoga acara ini berlangsung dengan sukses,” tambahnya.

Sementara itu, pelaksana fungsi Penerangan dan Sosial-Budaya di KBRI Dino Kusnadi mengatakan, “Saya sangat kagum pada antusiasme dan kerja keras para pelajar Indonesia di Inggris Raya, terutama di Glasgow, dalam mempromosikan program ‘Wonderful Indonesia’. Acara ini juga menunjukkan besarnya rasa cinta masyarakat Indonesia pada negaranya. Bravo PPI Greater Glasgow! Bravo pelajar-pelajar Indonesia di Inggris Raya!”

ICD adalah acara tahunan yang telah diselenggarakan oleh PPI Greater Glasgow sejak tahun 2014. Hampir semua panitia dan penampil adalah pelajar dan keluarga Indonesia di Glasgow.

Tahun 2016 adalah kali pertama ICD turut menampilkan cerita rakyat, board games dan pameran foto ‘Wajah Indonesia’ yang akan memamerkan karya fotografer Indonesia Kristupa Saragih, salah satu pendiri portal fotografi terbesar di Asia Tenggara fotografer.net.

Saat ini terdapat sekitar 80 pelajar Indonesia di Glasgow yang tersebar di berbagai universitas seperti University of Glasgow, University of Strathclyde, Glasgow Caledonian University, serta Glasgow School of Art. Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 2,500 pelajar Indonesia di Inggris Raya.

Info lebih lanjut dapat melihat video teaser di bawah ini atau facebook



Sumber Gambar : Facebook PPI Glaslow

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu