Ini Dia, Pria di Balik Desain Khong Guan

Ini Dia, Pria di Balik Desain Khong Guan

Ini Dia, Pria di Balik Desain Khong Guan

Kawan GNFI tentu sudah tak asing dengan biskuit satu ini. Biskuit legendaris dengan bentuk kaleng yang khas ini mulai "nge-hits" saat Ramadhan tiba, terlebih saat lebaran. Uniknya, sesekali kaleng tersebut bukannya berisi biskuit namun diisi dengan krupuk, rengginang, peyek, dll.

Desain gambar pada kaleng berupa ibu dengan dua orang anak di meja makan itu sudah dipakai sejak 1971 sehingga sangat akrab di mata. Lantas siapakah sosok di balik desain kaleng biskuit legendaris tersebut?

Bernardus Prasodjo, seorang tukang gambar yang telah mendesain kaleng Khong Guan tersebut. Disebut sebagai tukang gambar karena dirinya bukanlah creative design.

"Dulu disebutnya sebagai Tukang Gambar, baru sekarang namanya dibikin keren, Creative Design," ujarnya.

Lebih lanjut, Bernardus menjelaskan bahwa desain yang diolahnya tersebut menggambarkan keluarga yang harmonis.

"Keluarga Khong Guan adalah keluarga yang harmonis. Ayahnya tidak terlihat dalam gambar karena dia sedang memotret keluarga yang disayanginya." terangnya.

Pria yang kuliahnya tidak selesai namun sempat mengajar graphic design, typography, dan reproduksi warna digital di LPKT Gramedia ini menggarap desain biskuit Khong Guan ketika ia berusia 24 tahun. Dari Bandung, Bernardus pindah ke daerah Roxy, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di sinilah ia berjodoh dengan sebuah perusahaan separasi warna yang kemudian memintanya menggambar desain biskuit. Selain menggambar Khong Guan, Bernardus juga merupakan penggambar dari desain wafer Nissin.


Sumber : Tempo, Brilio
Sumber Gambar Sampul : Twitter Image

Pilih BanggaBangga27%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi10%
Pilih TerpukauTerpukau35%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wow! Mahasiswa UGM raih Predikat Jaksa Terbaik di Belanda Sebelummnya

Wow! Mahasiswa UGM raih Predikat Jaksa Terbaik di Belanda

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara Selanjutnya

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara

Asrari Puadi
@asraripuadi

Asrari Puadi

http://www.asraripuadi.net

Mamut Menteng Ureh Utusku.-- Anak Kalteng yang Sedang Ikut Nyantri di Pasca UGM

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.