Kue "Lidah Sapi", Si Manis dari Kalimantan

Kue "Lidah Sapi", Si Manis dari Kalimantan
info gambar utama

Bagi yang belum tahu dengan makanan khas banjar yang satu ini mungkin akan mengira kalau ini adalah ilat atau lidah sapi yang dibikin jadi Roti.

Tapi penampilan roti atau yang biasanya disebut juga dengan nama lain wadai, memang tampak seperti ilat (lidah) sapi.

Rasa makanan yang satu ini sangat manis (semanis senyuman orang-orang kalimantan *eh). Roti ini terbuat dari tepung, gula merah dan telur.

Cara membuatnya :
Siapkan 2 kg gula merah direbus dengan 1 gayung air sampai cair, 1 sendok makan soda kue, satu botol minyak goreng, tepung terigu.

Setelah gula di rebus dan mencair, masukkan soda kue yang sudah dicampur air panas, diamkan sampai dingin atau hangat. Kemudian masukkan minyak dan tepung sambil di aduk-aduk pakai kayu panjang sampai adonan kalis, ambil sendok adonan taburi tepung giling di cetak dan dipanggang dalam oven.

Bagi saya, roti ini merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli ketika saya mudik ke kampung halaman ibu saya di Desa Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Selain di Kalimantan Tengah Wadai satu ini biasanya juga sangat mudah ditemukan di daerah Kalimantan Selatan terlebih saat Ramadhan tiba.

Jadi, bagi anda yang berkunjung ke Kalimantan jangan lupa untuk membeli wadai ilat sapi sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Ayo ke Kalimantan !

Sumber : Agustian Noor/HaloBorneo
Sumber Gambar Sampul : HaloBorneo

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini