Inikah Desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta?

Inikah Desain Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta?
info gambar utama

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta boleh jadi akan menjadi yang termegah dan tercanggih di Indonesia. Ya, terminal baru ini memang diproyeksikan untuk menyaingi Bandara Changi di Singapura. Angkasa Pura II selaku pengelola bandara terbesar di Indonesia ini pun yakin kehadiran Terminal 3 Ultimate mampu menarik maskapai internasional untuk memilih transit di Indonesia dari pada di Singapura.

Tapi meskipun terminal baru ini belum diresmikan, Presiden Jokowi sudah meminta Menteri BUMN Rini Soemarno dan PT Angkasa Pura II untuk memikirkan Terminal selanjutnya (terminal 4) pasca pembangunan Terminal 3 Ultimate selesai. Presiden Joko Widodo mengatakan dari sisi kapasitas, kondisi Bandara Soekarno-Hatta saat ini sangat kurang memadai. Upaya tersebut, lanjutnya, dimaksudkan untuk persiapan dalam menopang pertumbuhan ekonomi ke depannya.

"Harus langsung menuju ke-4. Nanti kalau tidak didahului pasti akan kurang lagi. Selain terminal, memang yang lebih penting runway nya juga harus ditambah," ujarnya saat meninjau Terminal 3 Ultimate, Rabu (11/5/2016).

Lokasi Terminal 4 (Foto: dugacc.com)
info gambar

Sampai saat ini memang belum ada informasi resmi baik dari Menteri BUMN maupun PT Angkasa Pura II mengenai realisasi Terminal 4 tersebut. Tapi desain tentang terminal 4 ternyata sudah bertebaran di dunia maya. Adalah website dugacc.com yang dari profilnya merupakan sebuah perusahaan arsitektur yang berbasis di Korea Selatan. Dalam kolom portofolionya ditampilkan sekitar 7 gambar dengan judul Soekarno Hatta Internation Airport Terminal 4. Letaknya disisi barat terminal 3 dengan bentuk menyerupai huruf H. Dari gambar terlihat Terminal 4 lebih besar dari terminal 3 dengan desain yang megah dan modern. Wow apakah itu benar-benar rancangan untuk terminal 4? patut kita tunggu.


Sumber : angkasapura2.co.id, industri.bisnis.com, dugacc.com
Sumber Gambar Sampul : dugacc.com/portfolio_page/soekarno-hatta-

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini