Untuk pertama kalinya, Indonesia bakal memiliki museum yang isinya berupa hal-hal terkait dengan asal muasal alam dan kehidupan manusia. Museum tersebut diberinama Museum Nasional Sejarah Alam dan Kehidupan Manusia pertama yang sedang dikembangkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebelum diluncurkan di Bogor.

Seperti diberitakan National Geography Indonesia, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati, mengatakan bahwa museum tersebut merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani di Bogor. Museum itu nantinya akan modern sehingga memiliki nilai interaktif, edukatif dan komunikatif.

Museum yang rencananya akan dibangun setinggi 5 lantai itu akan memuat koleksi tumbuhan tropis, hewan Nusantara, serta kehidupan modern. Museum juga akan memiliki area tematik yang akan selalu diganti setiap tahunnya. Tidak hanya itu, museum tersebut juga akan diintegrasikan dengan Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Enny mengatakan, pihaknya sudah melobi Kementerian Pekerjaan Umum untuk membuat jalan underpass penghubung ketiganya. Saat ini Tim LIPI sedang mengerjakan penyusunan storyline untuk koleksi museum. 

Enny mengatakan, pembangunan museum akan memakan dana sekitar Rp 3 miliar-Rp 4 miliar. Untuk tahap awal, LIPI telah bekerja sama dengan Kebudayaan, Pendidikan Dasar, dan Menengah untuk pendanaan. Di akhir tahun 2016 nanti, targetnya 2 dari 5 lantai museum rampung.

"Ke depan, kita harapkan peran serta pihak swasta dan filantropi untuk juga mengembangkan museum. Di luar negeri kan sudah banyak upaya-upaya seperti ini," kata Enny.

Rencananya, untuk menguji kesiapan peluncuran museum akan terdapat pembukaan Soft launching yang akan terjadi pada bulan Agustus 2016 yang juga bertepatan dengan ulang tahun LIPI. Kita tunggu saja apakah museum ini akan mampu meningkatkan perhatian masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan kehidupan. 

Sumber : National Geography Indonesia
Sumber Gambar Sampul : traveloista.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu