LIPI Temukan Spesies Baru Cicak Berpola Seperti Batik, Seperti Apa Wujudnya?

LIPI Temukan Spesies Baru Cicak Berpola Seperti Batik, Seperti Apa Wujudnya?
info gambar utama

Pada pertengahan semester pertama 2016 ini telah dipublikasikan spesies baru bernama Cyrtodactylus hitchi yang ditemukan di Pegunungan Mekongga, Sulawesi Tenggara. Spesies ini rupanya telah dikoleksi sejak tahun 2010 yang merupakan hasil penelitian bersama antara LIPI dan UC Davis dalam paying proyek Indonesian Cooperative Biodiversity Group (ICBG).

Secara resmi, spesies baru ini dipublikasi pada jurnal internasional Zootaxa Edisi 5 Mei 2016, Nomor 4109 Volume 1, Halaman 58-72, atas nama Awal Riyanto (LIPI), Hellen Kurniati (LIPI), dan Andrew Angilis (University of California, Davis).

Spesies baru cicak ini memiliki beberapa ciri, diantaranya:

1. Panjang moncong hingga kloaka mencapai 79 mm.

2. Warna dasar punggungnya coklat dan mempunyai pola seperti batik berlukiskan anyaman “><” kuning.

3. Ciri morfologi yang membedakan spesies dalam Bahasa Inggris yang disebut Hitch’s Bent-toed Gecko ini dengan lainnya adalah tidak adanya lekuk prekloakal.

4. Jenis ini juga tidak mempunyai sisik besar prekloakal dan femoral, tidak ada lubang prekloakal dan femoral, transisi perubahan ukuran sisik ventral depan dan belakang paha lembut, namun mempunyai sisik besar tengah sisi ventral ekor yang tersusun satu seri.

Perbandingan dorsal (atas) dan ventral (bawah). (Zootaxa)
info gambar

Hellen Kurniati menuturkan, spesimen cicak tersebut dia koleksi beserta teknisinya Wahyu Trilaksono di pegunungan Mekongga, pada ketinggian 900 hingga 1.2000 mdpl. Habitat Cyrtodactylus hitchi berupa hutan sekunder dengan beragam mikro habitat seperti vegetasi di sepanjang sungai kecil, sungai, dan rubuhan pohon.

Dengan dipublikasikannya Cyrtodactylus hitchi, jumlah spesies Cicak Jari Lengkung yang sudah terdata di Sulawesi menjadi enam jenis. Anggota Cicak Jari Lengkung Sulawesi lainnya adalah Cyrtodactylus jellesmae, C. batik, C. spinosus, C. fumosus, dan C. wallacei.



Sumber : nationalgeographic.co.id
Sumber Gambar Sampul : nationalgeographic.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini