Lupa Sandi?

Indonesia Memiliki Peluang Luas Untuk Tenaga Ahli Industri Internet Lokal

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Indonesia Memiliki Peluang Luas Untuk Tenaga Ahli Industri Internet Lokal

Indonesia pada tahun 2025 diprediksi akan menjadi negara yang memimpin industri digital khususnya bidang eCommerce. Menurut data yang dilansir oleh Google dan Temasek, potensi tersebut bisa mencapai angka 46 milyar dolar. Meski angkanya sangat membanggakan, terdapat hal yang perlu dicermati yakni kesiapan sumber daya manusia Indonesia untuk mendukung industri jual beli daring tersebut. 

Kesiapan SDM industri digital di Indonesia saat ini perlu ditingkatkan. Sebab permintaan yang tinggi pada industri membuat adanya kesulitan menemukan teknologi yang menguasai aspek teknologi. Bahkan dalam beberapa kasus seperti yang terjadi pada retail online Bilna yang memerlukan waktu hampir dua tahun untuk menemukan tenaga Chief Technology Officer (CTO) yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur maupun aspek teknologi perusahaan.

Banyak aspek yang bisa dikembangkan untuk mempersiapkan tenaga ahli dibidang internet di Indonesia. Seperti harus adanya sistem pendidikan yang lebih berorientasi pada industri. 


"Hal ini bisa memperlambat pertumbuhan. Jika saya membandingkan startup di Indonesia dengan tempat lain, mereka cenderung kurang dalam hal teknologi dan juga kurang efisien," sebut Vinnie Lauria, pendiri Golden Gate Ventures seperti dikutip dari detik.com.

Baca Juga

Selama ini solusi yang dilakukan adalah dengan mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri untuk memberi pendidikan ataupun pembinaan terhadap tenaga ahli di Indonesia. Tentu saja, bila kesempatan seperti ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh SDM Indonesia, akan ada banyak ilmu yang dapat diraih. 

Menanggapi peluang penambahan tenaga ahli secara masal ini, sepertinya pemerintah mulai menyadari. Hal ini terbukti dengan adanya rencana memasukkan pelajaran pembuatan kode komputer atau coding dalam kurikulum sekolah. 

Masih sedikitnya tenaga ahli industri digital seharusnya dapat dipandang sebagai sebuah peluang bagi para lulusan-lulusan muda bidang teknologi digital. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mengembangkan potensi dan mulai banyak berinovasi dalam bentuk pewujudan ide. 

Sumber : Detik.com
Sumber Gambar Sampul : megapixelstock.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bertekad untuk mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas