V1MAST, Grup Band Nyeleneh yang Bawa Indonesia ke Bosnia

V1MAST, Grup Band Nyeleneh yang Bawa Indonesia ke Bosnia
info gambar utama

V1MAST, band duo dengan personil Viza K. Mahasa (vokal, gitar, dan gamelan) serta Vais Randi (drum) mengisi bulan Ramadan kali ini dengan cara yang berbeda. Tidak seperti teman-teman musisi lain yang mengeluarkan single religi, V1MAST justru bertolak ke benua seberang untuk membawa nama Indonesia ke panggung internasional.

Berawal dari iseng mengirimkan aplikasi demo musik dan video ke ajang musik Dukatfest 2016 pada bulan Desember 2015. V1MAST kemudian mendapatkan e-mail berisi konfirmasi mengenai terpilihnya mereka untuk mewakili Indonesia dalam acara tersebut. Terpilih dari 32 negara peserta lainnya yang juga mengirimkan aplikasi.

“Alhamdulillah, bersyukur sekali bisa merasakan puasa Ramadan di benua lain, menambah wawasan, dan yang paling senang sih karena bisa memperkenalkan V1MAST, apalagi bawa nama Indonesia. Di konser dan kompetisi kali ini, kami akan membawakan 10 lagu diantaranya ada beberapa lagu V1MAST sendiri yang sudah di-translate, ada juga kompilasi lagu tradisional Indonesia, dan gak lupa bawain lagu kebangsaan Bosnia dan Herzegovina yang diaransemen etnik ala Indonesia," ucap Viza dalam siaran persnya hari ini.

Dalam konser ini V1MAST akan membawa lebih banyak instrumen musik tradisional seperti sapek, seruling, angklung, saron, dll. Pop-rock, tapi kaya unsur etnik, world music.

Dukatfest 2016 akan digelar di Banja Luka, Bosnia & Herzegovina mulai tanggal 18-22 Juni 2016. Negara yang berpartisipasi antara lain Kolombia, India, Latvia, Slovakia, Serbia, Sri Lanka, Turki, Spanyol, Bosnia dan Herzegovina sebagai tuan rumah. Pemenang kompetisi ini akan memenangkan hadiah utama berupa piala dan uang tunai.

V1MAST juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina untuk kunjungan mereka kali ini. KBRI dan Asian Bosnian-Herzegovinian Association for Cooperation, Understanding and Sophistication, Sarajevo (ABACUS) akan menggelar konser V1MAST di salah satu pusat kegiatan pemuda di Sarajevo. Acara ini menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan V1MAST dan bersilaturahmi dengan WNI yang tinggal di Sarajevo.

Sumber : krjogja.com

Sumber Gambar Sampul : krjogja.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini