Anda Takkan Menyangka, Di Mana Kereta Kencana Khas Keraton Jogja ini Ditempatkan

Anda Takkan Menyangka, Di Mana Kereta Kencana Khas Keraton Jogja ini Ditempatkan
info gambar utama

Salah satu ikon Keraton Yogyakarta, adalah berbagai keretanya yang elegan yang bernilai seni tinggi. Kereta kencana yang biasanya hanya dapat dilihat di Museum Kareta Keraton Ngayogyakarta di Rotowijayan itu, kini mempunyai rumah yang berbeda. Kereta yang bernama Kereta Kencana Adisucipto ini kini ditempatkan di Bandara Adisucipto Yogyakarta, jadi ketika penumpang turun dari pesawat, akan dapat langsung merasakan nuansa khazanah budaya Yogyakarta dengan keberadaan kereta kencana yang ikonik ini.

Elegan
Elegan

Kereta kencana baru yang dibuat khusus oleh GPBH Yudhaningrat tersebut, akan ditempatkan di Terminal A pintu keberangkatan bandara. Dibutuhkan waktu dua tahun bagi GBPH Yudhaningkat untuk membuat kereta ini. Kereta model Eropa ini terbuat dari kayu jati. Di atas kereta terdapat singa terbang berbadan ular yang merupakan simbol Kraton Yogyakarta.

Khas dan ikonik
Khas dan ikonik

Dengan adanya Kereta Kencana Adisutjipto ini diharapkan para pengguna jasa bandara akan merasakan hawa Keraton Ngayogyakarta yang sarat akan budaya. Ayo ke Yogyakarta.

Foto : Angkasa Pura Airports

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini