Lupa Sandi?

Berusia 13,33 Abad, Kota Ini Masuk Kota Tertua di Dunia

Roby Darisandi
Roby Darisandi
0 Komentar
Berusia 13,33 Abad, Kota Ini Masuk Kota Tertua di Dunia

Prestasi Indonesia terus diraih di Internasional, kali ini giliran Palembang diakui dunia sebagai kota tertua sekaligus terbesar kedua di dunia.

Setiap kota di belahan dunia memiliki keunikan dan sejarah yang berbeda. Bahkan beberapa di antaranya merupakan kota-kota dengan usia yang cukup tua. Dari beberapa kota tua tersebut, Palembang merupakan salah satunya. Kota ini menjadi daerah dengan keragaman budaya yang datang dari berbagai bangsa.

Namun selain Palembang, ada beberapa kota lainnya di dunia yang juga memiliki usia ribuan tahun. Berikut beberapa kota tertua dan terbesar di dunia dilansir Thrillist, Bulan Januari 2016 lalu. 

Sao Vicente, Brasil (1532 M)

Baca Juga

Sao Vicente merupakan salah satu kota kuno terbesar di dunia. Kota yang didirikan pada tahun 1532 ini berada di satu pulau dekat Kota Santos.

Sao Vicente merupakan produsen gula utama di abad ke-16 dan hingga kini masih dianggap sebagai kota tertua di Brasil.

Palembang, Indonesia (682 M)

Palembang dikenal sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu. Hingga kini, kota yang memiliki ikon Jembatan Ampera ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di dunia. Dahulu, Palembang dikenal sebagai pintu gerbang penyebaran Islam di kepulauan berpenduduk Melayu.

Palembang juga dikenal sebagai tempat berlabuh para pelaut dari Jepang, India, Cina, Arab dan beberapa daerah di sekitar kepulauan Melayu.

Oleh karenanya, hingga saat ini Palembang dikenal sebagai kota yang multikultural. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa bangunan bergaya China, salah satunya adalah masjid.

St. Augustine, Amerika Serikat (1565 M)

St. Augustine merupakan Ibu Kota pertama Florida saat berada di bawah kekuasaan Spanyol dan Inggris. Di kota ini terdapat benteng batu tertua di Amerika Serikat, di Castillo de San Marcos.

Julukan kota kuno ini rupanya diselingi dengan beberapa cerita mistis, seperti arwah-arwah yang dikabarkan kerap mendatangi bar, restoran, dan toko suvenir.

Varanasi, India (1000 SM)

Jika ke India, Varanasi adalah salah satu destinasi yang bisa dikunjungi. Mark Twain pernah berkata bahwa Varanasi adalah “lebih tua dari sejarah, lebih tua dari tradisi, lebih tua bahkan dari legenda, dan terlihat dua kali lebih tua mereka semua disatukan”.

Varanasi sebelumnya disebut sebagai Banares dan berada di tepi barat Sungai Gangga dan merupakan situs suci Hindu.

Penduduk lokal percaya bahwa Varanasi didirikan oleh Dewa Syiwa sekira 5.000 tahun yang lalu. Sekarang, Varanasi menjadi destinasi wisata religi.

Luoyang, Cina (2070 SM)

Luoyang merupakan salah satu kota tertua di Cina. Luoyang merupakan sebuah tujuan utama dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Cina.

Di Luoyang, traveller juga bisa melihat kuil Buddha tertua di Cina. Tak hanya itu, traveller juga bisa mengunjungi goa-goa Longmen yang memiliki 2.000 goa dan prasasti kuno.

Sumber : Pikiran Rakyat
Sumber Gambar Sampul : Muhammad Hakim

(yf/gnfi)

Pilih BanggaBangga20%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang40%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau40%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ROBY DARISANDI

Berkontribusi, Beraksi dan Mengabdi untuk Negeri ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata