Mahasiswa ITB Ini Berhasil Ciptakan Masker Anti Komedo dari Daun Jambu Biji

Mahasiswa ITB Ini Berhasil Ciptakan Masker Anti Komedo dari Daun Jambu Biji

Mahasiswa ITB Ini Berhasil Ciptakan Masker Anti Komedo dari Daun Jambu Biji

Komedo bagi kalangan pemuda dalam masa pubertas merupakan hal yang sering menjadi masalah. Meski menjadi hal yang lumrah akibat ada peran hormonal namun seringkali komedo mengakibatkan percaya diri seseorang jatuh karena merasa penampilannya menjadi jelek. Permasalahan tidak hanya sampai disana, pun selama ini penanganan masalah komedo juga sering dilakukan secara salah dan tidak higienis, itu sebabnya Mahasiswa jurusan Sains dan Teknologi Fakultas Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan inovasi masker antikomedo yang lebih aman.

Seperti dilansir ANTARA kamis (16/6) Febi Damayanti peneliti dan juga Mahasiswa Sekolah Farmasi ITB mengungkapkan tentang produk masker yang terbuat dari daun jambu biji tersebut. Febi memberi nama produknya dengan sebutan Goyava yang merupakan gel oles. Cara pemakaiannya adalah gel harus dioleskan pada permukaan wajah yang berkomedo. Dalam beberapa hari, gel tersebut akan bereaksi dan mampu mengecilkan ukuran komedo. Saat gel telah mengering, lapisan tersebut dapat dikelupas dan sisa-sisa komedo akan turut terangkat.

"Cara kerjanya, jadi zat aktif dari daun jambu biji akan penetrasi menembus pori-pori untuk mengubah struktur komedo, mengecilkan komedo," kata Damayanti, seraya menyebut bahan dasar obat kosmetiknya berasal dari daun jambu biji (Guajava sp.)

Febi menjelaskan, dari penelusurannya cara mengangkat komedo dengan perekat yang biasa ditemukan di pasaran relatif tidak aman bagi kulit wajah karena mengangkat komedo secara paksa dengan menggunakan perekat yang terlalu kuat. Sebab komedo pada dasarnya adalah lemak alias lipida di wajah yang terbentuk di dalam jaringan kulit dan keluar melalui pori kulit wajah. Sehingga untuk mengangkatnya dari lapisan kulit, tidak diperlukan perekat yang terlalu kuat.

Selain itu menurut Febi, cara mengangkat komedo dengan menggunakan komedo extractor atau yang umum disebut dengan facial di salon kecantikan juga kurang ramah untuk kulit wajah karena menggunakan alat keras dengan cara yang kasar. Akibat bila cara ini dilakukan adalah akan menimbulkan rasa sakit serta membuat kulit kemerahan.

Sementara yang dilakukan Goyava adalah dengan mengecilkan ukuran komedo dan kemudian mengangkatnya bersama dengan gel yang mengering. Produk Goyava yang merupakan hasil dari penelitian sepanjang tahun 2015 tersebut akan dijual dengan harga yang bersaing di pasaran.

Rencananya Febi dan empat orang rekannya yang termasuk dalam tim akan mendaftarkan produk Goyava ke Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (BP-POM) untuk mendapatkan sertifikasi.

Sumber : ANTARA
Sumber Gambar Sampul : Iradhatie Wirananda / Okezone.com

Pilih BanggaBangga68%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang16%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau5%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ternyata PT PAL Miliki Teknologi Pembangkit Listrik Terapung Sebelummnya

Ternyata PT PAL Miliki Teknologi Pembangkit Listrik Terapung

10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara Selanjutnya

10 Bali Baru: Danau Seluas Singapura di Sumatra Utara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.