Iklan Radio Perusahaan Asal Indonesia Ini Raih Medali di Cannes Lions, Perancis

Iklan Radio Perusahaan Asal Indonesia Ini Raih Medali di Cannes Lions, Perancis
info gambar utama

Iklan bagi sebuah perusahaan merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan produk ataupun jasa. Selain untuk meningkatkan keawasan, iklan juga berfungsi sebagai pengingat bagi para pelanggan saat melakukan proses konsumsi. Nah, di masa internet seperti saat ini, informasi seperti iklan harus mengalami tantangan yang sangat berat karena harus bersaing dengan ribuan perusahaan lain yang juga membuat iklan untuk para konsumennya. Itulah mengapa kemudian iklan identik dengan kreatif atau kreatifitas.

Setiap pengiklan kini beradu kreatifitas untuk menarik perhatian pelanggannya. Hanya saja, sepertinya para pengiklan pun juga harus tahu mana iklan-iklan dari seluruh dunia yang merupakan karya terbaik. Berkat keinginan mencari iklan terbaik itu, akhirnya di Cannes, Perancis setiap tahunnya diadakan ajang penghargaan untuk karya-karya iklan terbaik dari seluruh dunia. Setiap tahunnya, iklan dan kampanye pemasaran terbaik dari seluruh dunia dikurasi untuk kemudian diberikan penghargaan Lions atau yang populer disebut dengan Cannes Lions dalam ajang Lions Festival. Lalu apa yang menarik di tahun ini?

Tahun ini ternyata Indonesia menempatkan satu karya yang berhasil mendapatkan penghargaan Bronze Cannes Lion. Wakil dari Indonesia tersebut adalah GO-JEK dengan produknya GO-Mart yang membuat iklan berformat radio dengan judul Chicken Risotto. Dalam iklan tersebut menampilkan vokal suara yang mengisyaratkan sebuah kendaraan bermotor namun menggunakan kosa kata makanan. Pengucapan dan efek suaranya dibuat semirip mungkin seperti pasukan GO-JEK yang mengebut mengendarai motor sambil mengantar makanan.

Meski iklan ini dibuat oleh agensi iklan asing, Leo Burnett. Namun seluruh proses kreatifnya dikerjakan oleh anak bangsa. Hingga kemudian nama Indonesia turut muncul dalam daftar pemenang Cannes Lion untuk kategori Radio. Ternyata kreatifitas Indonesia tidak kalah ya dengan karya luar negeri. Jadi, apakah kawan penasaran seperti iklannya? simak audio berikut yang diposting oleh seorang netizen di laman sosial media beberapa waktu lalu.

Untuk daftar lengkap pemenang Cannes Lions untuk kategori Radio bisa dilihat di tautan berikut.

Cannes Lions sendiri merupakan sebuah festival yang menampilkan berbagai kreatifitas. Dahulu, festival ini dikenal dengan festival periklanan internasional atau International Advertising Festival yang kemudian berubah menjadi Cannes Lions International Festival of Creativity. Festival ini melibatkan berbagai praktisi dari bidang komunikasi, periklanan, public relation, desainer, dan juga ahli pemasaran. Setiap tahunnya, festival ini diadakan di Palais des Festivals et des Congrès, kota Cannes, Perancis. Setiap tahunnya tidak kurang dari 11.000 karya kreatif dari 90 negara di dunia dikompetisikan. Ajang ini ibarat olimpiade tertinggi bagi para penggila kreatifitas dalam publisitas.

Menempatkan Indonesia sebagai salah satu pemenang, tentu saja sebuah prestasi yang patut diapresiasi. Bangga!


Sumber : Facebook.com ; Lionsfestivals.com
Sumber Gambar Sampul : welive.digital

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini