Koperasi Digital di Indonesia ini Bersiap Luncurkan Satelit

Koperasi Digital di Indonesia ini Bersiap Luncurkan Satelit
info gambar utama

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Masyarakat Telekomunikasi Indonesia (MASTEL) akan mempelopori pendirian koperasi digital untuk mendorong peningkatan ekonomi digital di Indonesia.

“Program ini akan mulai berjalan pada 17 Agustus 2016. Kita sudah mulai mengumpulkan individu untuk mulai mendirikan koperasi ini,” ungkap Sekretaris Jenderal APJII Henri Kasyfi Soemartono, belum lama ini.

Diharapkannya, asyarakat internet Indonesia dapat turut berperan dan diajak untuk ikut sebagai anggota koperasi. Lewat sistem ini, diharapkan ke depannya koperasi dapat memiliki manufaktur smartphone dan mengelola satelit sendiri.

"Nanti akan ada skema yang mengatur hal tersebut, termasuk detailnya sedang disiapkan. Kita perkirakan koperasi dapat memiliki satelit sendiri setidaknya dalam dua sampai tiga tahun ke depan,” katanya.

Sementara untuk smartphone, nantinya produk tersebut sepenuhnya berasal dari Indonesia. Mulai dari produksi, sistem operasi, dan aplikasi. Hal ini sekaligus menciptakan kesempatan produsen lokal mendapatkan penggunanya di Indonesia.

Sekadar diketahui, APJII memang ingin meluncurkan Satelit Kecepatan Tinggi (High Throughput Satellite) yang akan digunakan sebagai infrastruktur bagi anggota Penyedia Jasa Internet (PJI) dalam memberikan layanan akses Internet ke seluruh Indonesia.(wn)

(Indotelko)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini