Salah satu tantangan besar kota-kota di Indonesia adalah masalah kepadatan lalu lintas yang cenderung 'ruwet'. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari banyaknya kendaraan yang lalu lalang, kurang tertibnya pengguna jalan, jalan yang sempit, dan lain lain sebagainya. Salah satu hal mencolok yang membedakan kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di negara-negara maju adalah transportasi publik yang masih terbatas, kurang nyaman, dan mungkin tidak ontime.

Apapun upaya untuk memperbaiki sistem transportasi publik yang bebas macet dan dapat diandalkan di Indonesia layak kita dukung. Di Bandung, upaya itu tengah berjalan. Dan testing dari prototipe LRT (Light Rail Transit) buatan para insinyur Indonesia baru saja dijalankan. LRT adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus.

Diambil dari akun Instagramnya Ridwan Kamil, bahkan uji jalannya sudah berjalan. Satu gerbong bisa berisi 50 orang, dengan kecepatan max 40 km/jam. Semoga suatu hari saat sudah siap secara produksi industri, bisa hadir di kota2 Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu