Kembangkan Industri ICT Indonesia, 11 Mahasiswa Ini Magang di Ajou University, Korea Selatan

Kembangkan Industri ICT Indonesia, 11 Mahasiswa Ini Magang di Ajou University, Korea Selatan
info gambar utama

Indonesia sedang gencar mengembangkan perannya sebagai bagian dari pertumbuhan teknologi dunia. Salah satunya dengan memperkenalkan dasar dan cara kerja teknologi baru pada tunas bangsa lewat serangkaian pelatihan internasional. Baru-baru ini, tepatnya akhir Juni 2016, 11 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasillkom UI) bertandang ke Seoul, Korea Selatan untuk mengikuti ICT.IDN Program 2016. Mereka adalah Fallon Chandra, Cakra Wisnu Wardhana, Ridwan Arvihafiz Bakri, Kamila Dini Nabilati, Aditya Zulfahmi, Aditya Muda Nugraha, Aulia Arshad, Cita Audia Ahlunaza, Mohammad Syahid Wildan, Fitri Purnama Sari, dan Rebby Rahmando.

Menggenggam ilmu seputar Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, mahasiswa-mahasiswa tersebut terpilih dalam internship program di Ajou University, Seoul. Selama 6 bulan, 11 mahasiswa Indonesia akan memperoleh pembekalan seperti mobile programming, mobile application (game, web service, business domain), mobile computing network, advanced software engineering, advanced data mining, internet of things, dan field study.

ICT.IDN merupakan program pelatihan khusus untuk membina sumber daya manusia di tingkat global pada bidang teknologi baru ICT (information and technology) dan teknologi konvergensi di Indonesia. Tujuan utama pelatihan tersebut tentu untuk memperkuat kompetensi tenaga kerja dalam industri ICT di Indonesia dan membangun serta meningkatkan jaringan start up di seluruh dunia. Koneksi yang baik dengan pelaku-pelaku yang memiliki kemampuan teknologi tinggi akan memudahkan terciptanya peluang bisnis untuk industri ICT di Indonesia. Selain itu, pelatihan ICT.IDN dapat memperkuat hubungan antara perusahaan ICT, Pan-Gyo-Techno Valley, Korea Selatan, dan industri ICT di Indonesia.

Ajou University sendiri merupakan salah satu leading research university di Korea yang terus mendukung aktivitas penelitian secara interdisipliner, terutama riset mengenai konvergensi teknologi. Sejalan dengan agenda pemerintah Korea dalam memajukan industri IT (information technology), BT (biotechnology), dan NT (nanotechnology), Ajou University sebagai software-specialized university dianggap menjadi inti perkembangan industri konvergensi teknologi di masa depan.

Dengan mendorong kualitas sumber daya manusia, Indonesia bisa jadi pentolan industri teknologi. Kita tunggu saja.


Sumber : ui.ac.id, Ajou University
Sumber Gambar Sampul : cs.ui.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini