Gahar Berinternet 1 Gigabyte Per Detik di Indonesia

Gahar Berinternet 1 Gigabyte Per Detik di Indonesia
info gambar utama

Melengkapi berbagai produk berbasis akses internet kecepatan tinggi (High Speed Internet) sebelumnya PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) meluncurkan layanan Smart Office Pro (disingkat SAFIRO). Smart Office Pro merupakan produk berbasis akses internet kecepatan tinggi (High Speed Internet) dengan kecepatan hingga 1 GBps (Giga Byte per-second).

"Internet berkecepatan tinggi sudah menjadi kebutuhan, khususnya bagi kalangan enterprise dan bisnis. Dengan memanfaatkan internet berkecepatan tinggi hingga 1 GBps, dunia bisnis menikmati banyak keuntungan," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin pada peluncuran layanan Smart Office Pro dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat (15/7).

Dalam kesempatan tersebut, Telkom memperkenalkan berbagai paket layanan Smart Office Pro 1 GBps, dimulai dari akses internet berkecepatan up to 1 GBps, plus IPTV (78 Channel) dan free voice call 1000 menit (lokal+SLJJ), serta layanan yang dibundling dengan storage, hosting, platform office dan manage service.

"Lingkungan bisnis di era digital saat ini sarat perubahan yang sangat cepat dan harus dapat direspons dengan cepat," imbuh Awaluddin.

Layanan Smart Office Pro menyasar pelanggan Enterprise dan Bisnis (non-residensial) eksisting, baik office maupun building, dengan kebutuhan upgrade bandwidth, khususnya di wilayah dimana alat produksi Telkom tersedia.

Awaluddin pun menggambarkan keuntungan layanan Smart Office Prodisisi pelanggan dengan istilah Lean-Agile-Sustain. Dimulai dengan Lean process, dimana pelanggan mampu meng-efisien-kan proses bisnis dimilikinya. Lalu, Agility berupa kemampuan mengkombinasikan fleksibilitas dan stabilitas. Terakhir Sustain, pelanggan harus mendapat keuntungan sustain atau berkelanjutan. Dia menambahkan, pelaku bisnis sudah saatnya memperbaharui atau upgrade insfrastruktur internet dimilikinya.

"Pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan peningkatan kecepatan akses internet yang dimilikinya dan tidak perlu lagi dipusingkan dengan bandwidth limitation," terangnya.

Peluncuran internet super cepat 1 Gbps
info gambar



Menurut Awaluddin, pelaku usaha di Indonesia tidak perlu khawatir dengan penyediaan infrastruktur internet berkecepatan tinggi. Telkom sebagai BUMN telekomunikasi dengan visi menjadi the King of Digital, selalu siap mendukung pengembangan ekonomi digital sebagaimana perhatian pemerintah saat ini.

"Ke depan, layanan Smart Office Pro tidak hanya kecepatan 1 GBps, namun kami segera meluncurkan paket 10 GBps dan akan berkembang sesuai kebutuhan pelanggan," terangnya.

Layanan Smart Office Pro ini, mengacu konsep Monetizing the Asset, Modernizing the Infrastructure dan Maximizing the Value atau 3M.

Awaluddin menambahkan, peluncuran layanan Smart Office Pro ini merupakan bukti bakti Telkom. Penetrasi internet yang semakin masif serta penyediaan akses internet kecepatan tinggi adalah bagian program Indonesia Digital Network (IDN). Keberhasilan penggelaran sistem komunikasi kabel laut SMPCS, memacu Telkom mensolusikan kebutuhan pelanggan akan layanan internet 1 GBps tersebut.

Dijelaskannya, melalui Smart Office Pro Telkom berkomitmen membangun masyarakat digital Indonesia sebagai pendorong masyarakat, khususnya pelaku bisnis beralih ke ranah digital. Komitmen Telkom tersebut sejalan dengan tekad Presiden Joko Widodo yang menyatakan 'Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia'. [republika.co.id]

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini