Lupa Sandi?

"Wonderful Indonesia" Masuk Pusaran Viral Media Sosial Dunia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, digital itu sudah menjadi menu wajib setiap hari sejak menjabat sebagai Dirut PT Telkom Indonesia. Ibarat sudah kenyang dengan asam dan garamnya media yang menggabungkan teknologi komunikasi, dari: gadget, network atau jaringan dan aplikasi kreatif itu. Karena itu pesta besar para digital content di Viral Fest Asia 2016 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, yang dimulai Jumat malam 15 Juli 2016 seperti berada dalam ekosistem aslinya.

“Saya senang berada di tengah-tengah para digital influencer dan artis ternama yang sangat populer di media sosial se Asia di Bali. Kalau ditotal, jumlah penggemar atau friends, followers, yang menyimak mereka itu lebih dari 150 juta pasang mata, 60 persen lebih dari jumlah penduduk Indonesia. Dan mereka semakin tertanam image Wonderful Indonesia,” jelas Menpar Arief Yahya di Denpasar, Bali.

Menurutnya, content Wonderful Indonesia masuk dalam pusaran arus viral medsos dunia. Mirip seperti ikan badut Nemo yang masuk dalam pusaran raksasa, dan tiba-tiba sampai serambi Opera House di pantai Sydney Australia saja.

Viral Fest Asia 2016
Viral Fest Asia 2016

“Viral Fest Asia 2016 ini akan menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian bagi pembuat content creative dan jsaha yang terkait dengan media, penyiaran, talent management, musik, video, film, animasi se Asia. Terima kasih telah memilih Bali, karena Pulau Dewata ini dikenal eksotik, dan memiliki warisan budaya yang masih lestari dan indah,” jelas Arief Yahya.

Media global yang ikut di momentum ini diantaranya Youtube. Media Tiongkok yang hadir adalah MeiPai, RenRen, QF.Com.Cn, dan lainnya. Juga MiVoTv, situs media tv online nomor 1 di Indonesia. Lalu artis-artis dari China, Korea, Jepang, Taiwan, dan Indonesia juga bergabung di Viral Fest 2016 yang merupakan event pertama kali ini.

CEO dari perusahaan-perusahaan broadcasters, agencies, telco, media PR, investors, digital platforms, bakal hadir di Bali.

“Ini kesempatan emas bagi Wonderful Indonesia untuk menancap lebih dalam!” tutur Arief Yahya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya

Undangan Mr Fred Chong, CEO Grup WebtvAsia bersama Youtubers se Asia, itu berpotensi menjadi komunitas endorser untuk Wonderful Indonesia. Objek keindahan alam, keragaman budaya, tradisi, adat istiadat, kesenian dan sebagainya adalah kekuatan atraksi peiwisata Indonesia. Dengan mudah, objek video itu bisa membuat orang lain terpikat dan menjadi promosi yang efektif.

“60 persen orang paling suka lihat video, atau gambar bergerak. 35 persen baru foto statis, dan 5 persen orang masih suka membaca text,” jelas Arief Yahya.

Karena itu, selain dekat dengan para fotografer dan reporter atau blogger yang hobi membuat report di personal web mereka, Arief Yahya merasa perlu kenal secara akrab dengan para pembuat dan up loader youtube dan platform video di medsos.

“Community youtubers ini juga bagian dari C dalam pentahelix, salah satu kunci sukses promosi dan pengembanvan pariwisata juga. Pentahelix itu adalah kolaborasi aktif antara Academician, Business, Community, Goverment dan Media,” jelas dia.

Pontianak Post

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli100%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata