Lupa Sandi?

Representasi Kebhineekaan Dunia di Indonesia

Listomo Adi Rinanto
Listomo Adi Rinanto
0 Komentar
Representasi Kebhineekaan Dunia di Indonesia
Representasi Kebhineekaan Dunia di Indonesia

Kita sudah banyak tahu tentang segala macam keunikan dan hal menarik yang ada di Indonesia, bahkan kalau kita coba runut kembali peristiwa dan kejadian masa lalu bangsa ini tak akan pernah habis untuk diulas dan dikemas. Ada banyak hal yang menginspirasi dari Indonesia. Bangsa yang dilahirkan memang untuk dipersatukan, seperti dunia di planet ini.

Indonesia hampir mewakili seluruh aspek dunia secara lebih sederhana. Indonesia tersusun atas beragam suku dan budaya, keberagaman ini tersebar di penjuru dunia dan di belahan dunia lainnya. Pulau-pulau besar yang ada di Indonesia (Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku serta Papua) mirip dengan benua-benua seperti Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika. Semua pulau besar di Indonesia seolah-olah memberikan gambaran tentang keberagamaan yang terwakilkan dengan keunikan kultur mereka.

Belum lagi makanan, kalian bisa temukan beragam makanan dari berbagai negara di Indonesia mulai dari makanan cepat saji, makanan asia bahkan makanan eropa ada di Indonesia. Masyarakat Indonesia juga sebenarnya secara tidak langsung membawa pengaruh dalam menyebarkan semangat saling mengenal satu sama lain. Di tandai dengan adanya asimilasi budaya dari pendatang dengan pribumi yang memberikan warna dan nuansa baru dalam kehidupan sehari-hari.

Keberadaan agama di Indonesia juga merepresentasikan 5 agama besar di dunia, Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Kalian pasti tahu, bahwa hindu agama terbesar di India, tapi kalian juga harus tahu, Bali merupakan provinsi dengan masyarakat Hindu terbesar di Indonesia. Kadang sulit dipercaya, India dan Bali terpisah jauh tapi buktinya sampai saat ini Hindu menjadi agama terbesar di sana. Indonesia juga merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia setara dengan gabungan penduduk muslim di beberapa negara di Timur Tengah. Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia, ini membuktikan bahwa peradaban bangsa Indonesia setara dengan peradaban bangsa lain. Bahkan selain di Brasil, patung Yesus juga ada di Indonesia tepatnya di Tana Toraja.

Baca Juga

Keharmonisan di Indonesia sangat sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Keharmonisan di Indonesia harus menjadi contoh untuk negara-negara lain di dunia. Sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku, ras, dan agama, Indonesia harus memperkuat diri dalam menjaga kebhinnekaan. Keterlibatan masyarakat dalam setiap aktivitas sosial kemasyarakatan serta nilai-nilai budi pekerti luhur perlu dilestarikan dan dipertahankan. Semoga informasi ini bukan hanya memberikan kita semangat inspirasi tapi juga sebagai ungkapan syukur sehingga kita semakin positif terhadap bangsa ini.

Sumber : kompas.com jalandamai.org
Sumber Gambar Sampul : jalandamai.org

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG LISTOMO ADI RINANTO

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara