Lupa Sandi?

Menikmati Gempita PrepCom 3 UN Habitat III di Kota Pahlawan

Renatha Agung Yoga Prasetya
Renatha Agung Yoga Prasetya
0 Komentar
Menikmati Gempita PrepCom 3 UN Habitat III di Kota Pahlawan

Pekan ini Surabaya memiliki gawe yang cukup besar dan bersejarah. Pada tanggal 25 hingga 27 Juli 2016 terdapat lebih dari seratur perwakilan negara sedunia berkumpul di ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Perhelatan Preparation Committe 3 for UN Habitat III diselenggarakan secara akbar di Surabaya.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonnesia, Bapak Jusuf Kalla ini merupakan kegiatan persiapan terakhir sebelum meeting UN Habitat III di Quito Equador tahun ini. Mengusung tema Urbanisasi, pelbagai unsur mulai dari pemerintah, LSM dunia hingga masyarakat ikut terlibat di dalam event yang diadakan di Grand City ini.

Suasana Prepcom
Suasana Prepcom

Dibuka dengan sangat meriah di Balai Kota Surabaya di hari pertama, para tamu beserta partisipan dan warga Surabaya disambut ramah di Opening Dinner. Suguhan sajian makanan khas Suroboyo seperti rujak cingur hingga sate serasa memanjakan lidah para delegasi dan partisipan. Malam yang diwarnai dengan tarian khas Jawa Timur, reog hingga orkestra khas jawa ini juga diakhiri dengan penampilan Menteri PU dalam bermain alat musik drum band.

Pertunjukan seni di Prepcom
Pertunjukan seni di Prepcom

Tidak hanya delegasi dari mancanegara yang bisa menikmati kegiatan yang didukung penuh oleh salah satu organisasi PBB, UN Habitat ini. Warga Surabaya nampak sangat antusias untuk bergabung di dalam perhelatan baik diskusi hingga field visit yang diadakan mulai dari kampung teladan hingga sekolah adiwiyata sebagai contoh konkret warga Surabaya dalam menyikapi isu urbanisasi. Terhitung lebih dari separuh dari total 5000-an partisipan terdaftar dari Indonesia. Pun tidak dibutuhkan persyaratan administratif untuk bisa berjalan – jalan di Exhibition, berdiskusi di Speakers Corner hingga mencari inspirasi di City Trip maupun Field Visit.

Baca Juga
Caption (Sumber Gambar)
Suasana Prepcom

Bagi mereka yang sudah terdaftar sebagai partisipan, akan disuguhi tema – tema pembahasan dalam side event yang diselenggarakan selama tiga hari dengan pembahasan yang strategik. Narasumber dari dalam dan luar negeri turut mewarnai diskusi yang diadakan sebagai kegiatan yang memberi campaign  mengenai tema urbanisasi dan aspek – aspek yang berkaitan dengannya mulai dari kebijakan hingga kesehatan.

Caption (Sumber Gambar)

Perhelatan yang secara resmi berakhir pada 27 Juli kemarin ini tetap memberikan kesan yang mendalam baik bagi utusan mancanegara maupun warga Surabaya. Sebagai kegiatan Internasional yang tidak sering diadakan, tentu pariwisata dan perekonomian warga Surabaya khususnya mendapat benefit serta meninggalkan kesan mendalam kepada turis untuk kembali mengunjungi Nusantara.



Sumber : Himas el Hakim (Kredit)
Sumber Gambar Sampul : Baskoro Sansoko (kredit)

Label:
artikel umum
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG RENATHA AGUNG YOGA PRASETYA

Faith, Courage, Honesty, and Passion

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Jalan yang Tak Lagi Sepi

Akhyari Hananto2 tahun yang lalu

Perang Khas Manggarai, Penentu Kesuburan Lahan

Bagus Ramadhan2 tahun yang lalu

Sepeda Tenaga Surya Trendi dari Bandung

Akhyari Hananto2 tahun yang lalu

Menjadi Manusia Air, dengan Sea Walker

Asrari Puadi2 tahun yang lalu

Sejarah Baru, PLTS Terbesar dari Kupang

Asrari Puadi2 tahun yang lalu
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata