Sebuah negeri tersembunyi bernama Negeri Laskar Pelangi

Sebuah negeri tersembunyi bernama Negeri Laskar Pelangi

Sebuah negeri tersembunyi bernama Negeri Laskar Pelangi

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya bahwa negeri laskar pelangi dapat terkenal seperti sekarang, dulu negeri ini tidak banyak orang tahu tentang berbagai keindahan keindahannya. Seiring dengan melajunya popularitas novel sekaligus film karangan Andrea Hirata, secara tak langsung juga mendongkrak Negeri Laskar Pelangi menjadi destinasi alternatif bagi para pelancong.

Belitung, atau Belitong (bahasa setempat) Pulau Belitong terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitong, beribukota di Tanjung Pandan, dan Belitong Timur, beribukota Manggar. Sebagian besar penduduknya sangat akrab dengan kehidupan bahari yang kaya dengan hasil ikan laut. Berbagai olahan makanan yang berbahan ikan sebut saja gangan (makanan khas). Kekayaan laut menjadi salah satu sumber mata pencaharian penduduk Belitong. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Belitong adalah timah.

  1. Danau Kaolin

Belitong pun sempat menjadi surga pertambangan oleh para penjajah Belanda yang melakukan pertambangan timah, tetapi kemudian mereka menemukan kaolin, sejenis tanah liat hasil pelapukan batu granit yang bisa menjadi bahan pembuatan plastik, kertas, dan karet. Puluhan tahun kemudian, lokasi pertambangan ini ditutup. Dan yang nggak disangka-sangka, tempat ini menjadi sebuah danau alami yang dipadati dengan air berwarna biru.

Cukup menyedihkan juga bagi saya tempat ini yang dahulunya adalah bekas galian atau hasil eksploitasi besar besaran yang dilakukan pemerintah daerah belitong, tetapi lambat laun malah menjadi suatu alternatif wisata dinegeri ini. Bagi saya ini adalah kehidupan kedua yang Tuhan berikan agar selalu menjaga lingkungan negeri ini jangan hanya mementingkan kehidupan pribadi tanpa efek yang akan terjadi nantinya.

“Yang terlihat kering dan dingin dari jauh nyatanya menyimpan pijakan yang lunak, aliran air hangat dan langit yang membiru”.

Caption (Sumber Gambar)

2. Pantai Tanjung Pendam

Tempat ini menurut saya adalah tempat terbaik bagi para pelancong dan penikmat sunset, didukung dengan cuaca tentunya. Bukan tidak mungkin pulau belitong nantinya akan dapat menyaingi bahkan melewati pulau Bali dan Lombok bahkan bisa menjadi suatu destinasi utama bagi para pelancong.

https://www.youtube.com/watch?v=trl0Ocjz1ow

Caption (Sumber Gambar)“Nature is not a place to visit. It is Home”

3. Pantai Tanjung Tinggi

Sebagai salah satu pantai yang menjadi primadona negeri laskar pelangi dengan ciri khas pantainya yang memiliki batu batu berukuran besar. Pasir putih yang lembut atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, juga dapat melewati lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi. Bagi saya pantai-pantai di Indonesia selalu menjadi yang paling mempesona.

Caption (Sumber Gambar)

Tantangannya sekarang hanya satu, bagaimana pemerintah dan masyarakat menjaga keindahannya, mempromosikan pariwisata, tanpa merusak alam dan kearifan lokal.

4. Batu satam

Sebuah batu yang dijadikan sebuah Landmark ditengah kota Tanjung Pandan karena hanya ada di negeri ini saja. Belitong terkenal dengan Batu Satam, konon batu ini adalah hasil tabrakan meteor dan untuk mendapatkan batu ini bukanlah hal mudah karena adanya di kedalaman 50 meter di bawah tanah, para penambang timah di Pulau Belitung, batu ini hitam dan mempunyai guratan yang khas. Istilah satam diambil dari bahasa warga keturunan Cina yang berada di Pulau Belitung. SA yang artinya pasir, sedangkan TAM artinya empedu. Jadi satam berarti empedu pasir.

Caption (Sumber Gambar)

5. Pantai Tanjung Kelayang

Caption (Sumber Gambar)

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pintu gerbang atau pintu masuk menuju pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Belitung seperti Pulau Lengkuas, Pulau Babi, Pulau Burung, Pulau pasir, Pulau kepayang dan lain-lain. Siapa pula yang tidak kenal dengan pulau lengkuas yang terkenal dengan mercuasuarnya.

Caption (Sumber Gambar)

Salah satu hal yang saya sukai dari Tanjung Kelayang adalah fungsinya sebagai pantai nelayan alias pantai yang memang untuk mencari nafkah, bukan hanya pantai wisata. Tonggak-tonggak kayu terlihat timbul di antara hamparan birunya laut. Beberapa tonggak diikat tali yang pada ujungnya mengambang perahu kayu kecil. Banyak tonggak yang masih kosong, mungkin perahunya masih melaut.

Caption (Sumber Gambar)

6. SD Muhammadiyah & Museum Andrea Hirata

Kedua lokasi ini bertempat di belitung timur dan berdekatan Bangunan ini, kayunya sudah lapuk, wajar sih kan dari tahun 2008 dibuatnya dan ditambah lagi di setiap ruangannya yang hanya ada 2 itu banyak kumbang – kumbang yang melubangi kayu – kayu di bangunan ini. Salah satu kalimat yang tertera pada suatu perjalanan “Laskar Pelangi menandai jejak-jejak perjuangan pendidikan anak-anak Indonesia” dan dilanjutkan “Jejak itu di mulai dijalan ini, jalan yang menjadi saksi bahwa anak-anak indonesia bukanlah anak yang mudah menyerah”

Caption (Sumber Gambar)

Museum yang diklaim sebagai museum literature pertama di Indonesia. Museum ini didesain semenarik mungkin, dan menurut saya apapun yang ada di museum ini sangat bagus untuk dijadikan latar foto. Apalagi kalian para penyuka sastra.

Caption (Sumber Gambar)

Sebagai warga negara indonesia, kita seharusnya berbangga memiliki kekayaan alam yang melimpah sebagai warisan perjuangan para leluhur. Rasa bangga tersebut dapat kita ekspresikan dengan cara mempertahankan dan menjaga kekayaan alam, agar tidak rusak dan dicuri olah orang yang tidak bertanggung jawab. Hal kecil tersebut mungkin dapat merubah indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi kedepannya, khususnya dalam menjaga kelestarian keanekaragaman hayati. Seseorang belum layak dikatakan mencintai indonesia, jika masih apatis dengan kekayaan biodiversitas yang ada di negeri ini. Terima kasih Belitong atas keindahan yang engkau miliki sekali lagi terima kasih. Saya bangga menjadi warga Indonesia dengan Sejuta Kekayaan, Sejuta Keanekaragaman yang dimilikinya (suku, adat, bahasa), saya bangga menjadi bagian dari Indonesia. Saya Bangga !



Sumber : Reszi Ariefianda
Sumber Gambar Sampul : Reszi Ariefianda

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih11%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli11%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Indonesian Muslim Community in Milan Got Support from Milan Govt and Christians community Sebelummnya

Indonesian Muslim Community in Milan Got Support from Milan Govt and Christians community

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara  Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia Selanjutnya

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Reszi Ariefianda
@re5zi

Reszi Ariefianda

http://resziarie.tumblr.com/

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.