Banyu Nibo, Surga Terpencilnya Wonogiri

Banyu Nibo, Surga Terpencilnya Wonogiri
info gambar utama

Lagi dan lagi indoneisa tak akan habis cerita mengenai alam. Indonesia sebagai surga dunia pun pantas diungkapkan. Diberbagai daerah sampai kepelosok desa, Indonesia punya cerita keindahan alam tersendiri seperti halnya Banyu Nibo yang ada di Wonogiri.

air terjun dilihat dari jarak dekat
info gambar

Banyu Nibo adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 50 m yang terletak dianta ra dua dusun yaitu Dusun Ngluwur dan Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Yogyakarta. Belum banyak orang yang menjamah keberadaan Banyu Nibo ini, sehingga suasana masih sepi dan ketenangan pun dapat dirasakan.

Nama “Banyu Nibo” sudah dikenal sejak zaman dahulu secara turun menurun. Esensi “Banyu Nibo” sendiri menurut warga sekitar berasal dari debit air yang jatuh dari puncak “Banyu Nibo”. Air terjun ini sendiri terdiri dari tiga bagian, pertama air terjun indukan yang merupakan air terjun utama, ke dua dan ke tiga berada diantara sisi dari indukan dengan jarak ke timur 200 m dan sebelah barat indukan dengan jarak 5 m.

keindahan alam sekitar dengan bebatuan yang melingkari Banyu Nibo dan nuansa persawahan yang terasa kental dirasakan, semakin mempercantik tempat ini.

Untuk sampai ketempat air terjun ini Anda dapat mengguankan mobil dengan estimasi waktu sekitar satu setengah jam dari kecamatan Ngawen, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri area persawahan sambil ditemani oleh pemandangan yang hijau dan langit biru pun tutrut serta memadukan warna alam semakin memepesoana. Ditambah udara pun sangat segar, membuat perjalan dalam waktu 15 menit pun tak terasa.

Banyu Nibo juga bermanfaat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena terdapat kandungan mineral yang alami.

Lengkap sudah keindahan alam yang disuguhkan dari Banyu Nibo membuat tempat ini semakin eksotis sebagai surga terpencilnya Wonogiri.

Satu hal pesan yang tersampaikan dari Banyu Nibo “jagalah alam, maka alam pun akan menjaga Anda.”



Sumber : Sri Rustinawati
Sumber Gambar Sampul : Sri Rustinawati

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini