Gua Maria Fatima Klepu Ponorogo, Tempat Beribadah sekaligus Tempat Wisata

Gua Maria Fatima Klepu Ponorogo, Tempat Beribadah sekaligus Tempat Wisata
info gambar utama

Gua Maria Fatima mencerminkan toleransi antar umat beragama di Ponorogo sangat besar. Gua yang dilatarbelakangi hutan pinus ini kerap kali dijadikan tempat ziarah oleh umat Kristiani. Yang menjadi daya tarik para wisatawan yaitu terdapat Patung Bunda Maria berukuran besar yang terletak dibagian atas dari pelataran doa.

Perjalanan menuju gua sangat membutuhkan perjuangan namun terbayar dengan pemandangan yang masih asri, sejuk dan menarik. Gua yang terletak 45menit dari pusat Kota Ponorogo ini justru banyak dikunjungi peziarah dari Yogyakarta, Solo, Tangerang, sampai Jakarta.

Gua Maria Fatima Klepu Ponorogo

Melihat banyaknya peziarah yang sering berdatangan, sarana prasarana Gua terus ditingkatkan seperti dibangun beberapa kamar mandi dan WC baik dibagian bawah maupun dibagian atas Gua. Namun kendaraan besar seperti bis belum bisa menjangkau tempat ini mengingat jalan menuju Gua masih sangat sempit.

Konon katanya setiap malam Jumat Kliwon diadakan tirakatan yang merupakan tradisi para sesepuh stasi Klepu tepatnya pada pukul 22.00 WIB. Nah, jika berkunjung ke Ponorogo jangan lupa mampir ke Gua Maria Fatima Klepu yang ada di Kecamatan Sooko Ponorogo, jangan lupa mencarai oleh-oleh khas Sooko juga yaa.

Sumber : Pengalaman penulis saat berkunjung ke Gua Maria Fatima

Sumber Gambar Sampul : dokumen pribadi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FP
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini