PASKIBRAKA, satu-satunya di dunia.

PASKIBRAKA, satu-satunya di dunia.
info gambar utama

PASKIBRAKA atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia merupakan pasukan yang terdiri dari pelajar putra dan putri tingkat SMA terbaik dari seluruh Provinsi negeri ini. PASKIBRAKA sendiri terdiri dari tiga tingkatan yaitu PASKIBRAKA tingkat Kota/kabupaten, PASKIBRAKA tingkat Provinsi, dan PASKIBRAKA tingkat Nasional yang bertugas di Istana.

Tidak seperti di negara lain dimana pasukan pengibar benderanya berasal dari militer, PASKIBRAKA merupakan satu-satunya petugas pengibar bendera pada hari kemerdekaan suatu negara yang terdiri dari para pelajar. Para pelajar terpilih tersebut melalui masa karantina untuk mendapatkan pelatihan khusus dalam memenuhi tugasnya pada hari kemerdekaan.

 Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi HUT ke-70 RI di Istana Merdeka (foto: Dany Permana/Tribunnews)
info gambar

Tugas yang diemban oleh pasukan ini tidaklah mudah, karena harus menyukseskan ritual pengibaran duplikat bendera pusaka. Kesuksesan tersebut tentunya didapat dari latihan yang juga tidak mudah, menguras fisik dan mental. Pelatihan ini dilakukan untuk memnbentuk karakter pemuda yang baik sehingga selepas penygasan mereka dapat menjadi contoh baik di masyarakat.

Pengukuhan Paskibraka Nasional pada HUT RI ke 70 (sumber foto: https://www.aktual.com/pengukuhan-paskibraka-2015/)
info gambar

Suatu kebanggaan jika terpilih menjadi pasukan pengibar bendera pusaka baik di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional, mengemban tugas mulia dan menjadi satu-satunya pasukan pelajar di dunia. Serta akan menjadi kebanggaan tertinggi apabila kita semua menjadi pemuda pembangun negeri dan terus memberikan kabar baik untuk Indonesia.

Sumber : ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis
Sumber Gambar Sampul : https://news.okezone.com/read/2015/08/15/337/1196985/68-nama-paskibraka-pengibar-bendera-pusaka

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini