Satu-satunya di Dunia: Masjid Songkok Watampone

Satu-satunya di Dunia: Masjid Songkok Watampone
info gambar utama

Indonesia sebagai negara urutan pertama di dunia dalam hal jumlah populasi muslimnya meniscayakan banyaknya jumlah masjid yang salah satunya berfungsi sebagai simbol persatuan umat Muslim. Lima kali sehari semalam dan sekali dalam sepekan umat muslim akan berkumpul di sana untuk membuktikan bahwa ia mengaku sebagai hamba yang hanya mempertuhankan Allah swt. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, masjid sudah disadari untuk tidak lagi hanya berfungsi sebagai "gerbang akhirat" yang melulu hanya mengurus persoalan hari kemudian. Masjid juga merupakan urusan dunia, ia adalah simbol solidaritas ummat dan cermin budaya masyarakat sekitarnya.

Masjid Cheng-Ho dengan arsitektur bangunan Klentengnya yang ada di Surabaya dan Makassar menunjukkan bahwa ia dibangun oleh komunitas muslim Tionghoa. Ada juga Masjid Raya Sumatra Barat yang menggunakan arsitektur gaya rumah minang, Ada Masjid Kakbah (Masjid Al-Fatih Al-Anshari) dan Masjid Terapung di Makassar.

Sekitar 180 km arah timur Kota Makassar, tepatnya di Kota Watampone Kab. Bone terdapat satu lagi bangunan Masjid dengan model arsitektur yang hanya ada satu-satunya di dunia, Masjid Songkok To Bone (Masjid Amirul Haq).

Masjid yang sebentar lagi rampung ini dibangun dengan model kubah seperti model songkok To Bone (Songkok Khas Bugis Bone), menggambarkan bagaimana nilai-nilai religiusitas masyarakat Bone yang berpadu dengan kearifan lokalnya membangun Bone Beradat.

Songkok to Bone biasa juga disebut songkok Recca' atau songkok Pamiring Ulaweng
info gambar

Songkok Recca atau Songkok Pamiring Ulaweng adalah nama lain dari Songkok To Bone. Sebutan songkok recca lebih menunjuk kepada proses pembuatan maupun bahan baku yang digunakan untuk membuat songkok tersebut. Dimana bahan yang digunakan terbuat dari pelepah daun lontar yang ditumbuk dan dalam istilah bugis direcca atau ure'cha.Sebutan songkok pamiring lebih menunjuk ujung atau sisi bagian bawah songkok yang berhias warna keemasan. Biasanya jika bagian bawah berhias benang emas, sebutannya songkok pamiring, tetapi bila menggunakan emas sungguhan, disebut songkok pamiring ulaweng (songkok berpinggir emas).Sebutan songkok to bone merupakan nama yang banyak diucapkan orang-orang luar Bone, Sulawesi Selatan, agaknya terkait dengan sejarah pembuat atau pun pemakai songkok itu, yaitu orang-orang Bone. (boneberadat.com)

Masjid Songkok yang terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota Watampone ini akan memiliki kubah berbentuk seperti model songkok yang terdapat pada Gapura Kota Watampone.

Atap Gapura Berbentuk Songkok To Bone
info gambar




Sumber Gambar Sampul : Radar Bone

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini