Wow!! Kota ini dikelilingi 5 gunung

Wow!! Kota ini dikelilingi 5 gunung
info gambar utama

Sebelum nya apakah kalian sudah mengetahui kota apa yang di kelilingi 5 gunung? Kota tersebut adalah kota magelang, kota magelang adalah salah satu kota yang di kelilingi 5 (Lima) gunung sekaligus, kalian pasti bangga karena indonesia mempunya fenomena alam tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena Secara geografis letak kota Magelang berada di tengah-tengah pulau jawa. Selain itu terdapat gunung tidar yang sering dikenal sebagai pakunya pulau jawa. Kota Magelang memiliki posisi yang strategis, karena berada di jalur utama transportasi Semarang-Magelang-Yogyakarta, Magelang-Purworejo serta Magelang-Temanggung. Magelang berada di 75 km sebelah selatan Semarang dan 43 km sebelah utara Yogjakarta. Di samping itu sebagai jalur wisata antara Yogjakarta-Borobudur-dataran tinggi dieng-ketep pass dan kopeng. Kota magelang juga terdapat beberapa tempat wisata seperti taman Kyai langgeng, Taman badaan, alun-alun kota dan lain-lain.

Menurut sumber seperti cerita rakyat, dongeng maupun cerita legenda ada yang berpendapat bahwa nama Magelang itu berasal dari kisah datangnya orang Keling (Kalingga) ke jawa yang mengenakan hiasan gelang di hidungnya.

Kata gelang mendapat awalan “ma” yang menyatakan kata kerja memakai atau menggunakan, maka berarti “memakai gelang”. Jadi Magelang berarti daerah yang didatangi orang-orang yang menggunakan atau memakai gelang.

Namun ada yang berpendapat bahwa Magelang itu berasal dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Mataram secara “temu gelang” atau rapat berbentuk lingkaran. Ada pula yang mengaitkan nama Magelang itu dengan kondisi geografis daerah Kedu “cumlorot” yang ternyata semakna dengan kata gelang.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang terletak di antara dua patahan lempengan bumi, jadi tak heran jika di Indonesia banyak sekali gunung dan pegunungan. dari banyaknya gunung yang ada di Indonesia. muncul fenomena menarik yang hanya ada satu di dunia, yaitu kota magelang yang menjadi fenomena tersebut. Kenapa ? Karna magelang adalah satu-satunya Kota yang dikelilingi oleh 5 gunung sekaligus.

Berikut Gunung-gunung tersebut :

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi ini adalah salah satu gunung yang mengelilingi kota magelang
info gambar

2. Gunung Merabu

Gunung Merababu juga salah satu gunung yang mengelilingi kota magelang
info gambar

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing ini mengelilingi kota magelang
info gambar

4. Gunung Menoreh

Gunung Menoreh ini juga termasuk gunung yang mengitari kota magelang
info gambar

5. Telemoyo

Gunung Telemoyo ini juga termasuk gunung yang mengitari kota magelang
info gambar

Oleh karna itu maka tak mengherankan jika Magelang menjadi salah satu kota tersejuk dan paling aman dari banjir. Magelang juga terkenal karna keindahan alamnya yang sangat menarik hati. banyak sekali obyek wisata alam yang bisa anda temukan di kota dan kabupaten magelang. Baik berupa Air terjun, kedung, bukit, dan pegunungan.

Karna kota magelang terletak di antara 5 gunung, maka daerah di kota magelang dan sekelilingnya menjadi daerah yang sangat subur dan sangat cocok untuk pertanian. Dan atas karunia inilah maka kemudian setiap tahun diadakan festival lima gunung yang diadakan di daerah magelang (setiap tahun berganti tempat).


Sumber : https://ferry-indo.blogspot.com/
Sumber Gambar Sampul :Google Image

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini