Yuk, Kenalan sama Bontang!

Yuk, Kenalan sama Bontang!
info gambar utama

Pernah mendengar nama kota Bontang? Yap, Bontang adalah sebuah kota kecil di pinggir timur pulau Kalimantan, yang biasanya dijadikan tujuan “pelesir” bagi para pebisnis ataupun engineer yang memiliki kepentingan di perusahaan oil and gas dan petrokimia di sana. Tidak banyak orang yang tahu tentang kehidupan di Bontang dan pesona di dalamnya. Penduduk Bontang hidup tentram seperti layaknya orang-orang di kota-kota lain, dan tidak banyak perbedaan mencolok dari segi sosial dan budayanya. Seorang teman saya dari kota besar di Jawa Barat pernah mengira bahwa saya tinggal di rumah adat Lamin –rumah adat khas Kalimantan Timur—yang memiliki kaki kayu jenjang dan sangat tradisional. Saya hanya tersenyum dan kemudian bercerita panjang lebar bahwa saya tinggal di rumah yang permanen, terbuat dari bata dan semen, seperti rumah-rumah di kota besar pada umumnya.

Jalan Poros Menuju Bontang
info gambar

Di kota ini terdapat tiga perusahaan besar yaitu Pupuk Kaltim (pupuk dan ammonia), LNG Badak (gas alam), dan Indominco Mandiri (batubara). Kota Bontang sendiri merupakan kota yang bergerak aktif di bidang industri, jasa, serta perdagangan.

Panorama Kompleks Pabrik PT Pupuk Kaltim
info gambar

Panorama Kompleks Pabrik PT Badak LNG
info gambar

Selain itu, Bontang memiliki cukup banyak daya tarik yang selalu berhasil membuat penduduknya rindu, terutama saat di tanah rantau. Beberapa di antaranya yaitu :

  1. Kuliner Sambal Gammi
Ikan Bawis Sambal Gammi
info gambar

Sambal khas Bontang satu ini ditumis dengan minyak dan bawang merah, lalu disajikan di atas cobek dengan pilihan seafood beragam, seperti ikan bawis, cumi, maupun udang. Bagi para penyuka seafood dan pedas, kombinasi satu ini tak boleh dilewatkan.

  1. Bontang Kuala, Wisata Kampung Atas Air
Bontang Kuala
info gambar

Di utara kota Bontang, terdapat pemukiman padat penduduk yang tertata apik di atas perumahan kayu yang sudah kokoh berdiri sejak dulu. Tak perlu khawatir akan kekuatan bangunan-bangunan kayu di sana, karena semuanya bertopang pada kayu ulin yang tak perlu diragukan lagi kekuatannya. Untuk menikmati sunset, atau sekedar berjalan-jalan dan berfoto-foto, kawasan ini sangat direkomendasikan. Pilihan kuliner yang beragam serta pertokoan dengan berbagai macam merchandise khas Bontang pun melengkapi kawasan ini.

  1. Pulau Beras Basah
Mercusuar di Pulau Beras Basah
info gambar

Pulau di tenggara kota Bontang ini memiliki pasir putih yang dapat memanjakan mata serta menjadi tempat yang tepat untuk wisata pantai keluarga. Untuk mencapai pulau ini, ditempuh perjalanan dengan perahu selama kurang lebih 45 menit. Berbagai macam hewan laut dapat ditemui di sana, seperti bintang laut, anemon, hingga yang harus diwaspadai seperti bulu babi.

  1. Kafe Singapore
"Adiknya Merlion Singapore" di Kafe Singapore

Restoran bernuansa santai ini menyajikan beraneka macam menu makanan berat seperti seafood hingga makanan ringan untuk sekedar bersantai. Dengan bangunan kayu di atas air, restoran ini menawarkan panorama laut Bontang dengan sebuah patung besar ikonik yang dikenal sebagai simbol negara tetangga, Singapura.

Kota Bontang memang tidak memiliki gedung-gedung pencakar langit, mall-mall megah, ataupun franchise produk tertentu, akan tetapi kota Bontang memiliki lebih dari sekedar keindahan alam dan keramahan penduduk yang selalu dirindukan. Yuk, ke Bontang! :-)


Sumber Gambar Sampul :blog.traveloka.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini