Lupa Sandi?

3 Festival Tahunan Yogyakarta

Istinganatun Aliyah
Istinganatun Aliyah
0 Komentar
3 Festival Tahunan Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya mempunyai banyak tempat wisata dan lembaga pendidikan. Seni budaya yang kental menjadi magnet tersendiri yang membuat kota ini semakin istimewa. Salah satunya adalah festival yang diadakan setahun sekali seperti festival kesenian Yogyakarta, festival grebeg maulud/sekaten dan festival gamelan Yogyakarta dan. Berikut sedikit ulasannya.

  1. Festival Kesenian Yogyakarta

Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) merupakan serangkaian festival yang berlangsung pertengahan tahun, sekitar bulan Juli-Agustus-September. Acara ini berlangsung selama 2 minggu. Tempatnya berganti-ganti, pernah di sekitar titik nol KM, pasar Ngasem, sekitar keratin dan juga di taman kuliner condong catur Yogyakarta.  Aacara yang diadakan ada yang di tempat lain seperti di Panggung Krapyak, Taman Kuliner Condong Catur, Balai Seni dan lainnya. Acara yang diadakan adalah acara seni tradisional juga modern, biasanya merupakan partisipasi dari mahasiswa kampus yang ada di Yogyakarta, Pelajar SMA/SMP/SD, bahkan TK, dan juga komunitas seni dan budaya yang ada di Jogja. Seiring berjalannya waktu, di FKY terdapat kuliner, dan barang-barang yang dijual mulai dari baju, sepatu, tas, barang kerajinan mulai dari khas Jogja sampai luar Jogja dengan harga terjangkau.

Pengunjung juga dapat mengenal dekat dengan komunitas seni yang ada di Jogja. FKY menyediakan banyak acara seperti teater, musik, stand up comedy, tari, musikalisasi puisi, pantomim, bioskop film dan juga workshop kerajinan, seperti lukisan, kain perca, kerajinan tangan. Selain itu, terdapat pameran seni rupa, loka karya, diskusi seni dan budaya.

2. Festival Gamelan Yogyakarta

Festival gamelan Yogyakarta (YGF) ini diadakan pada pertengahan tahun sekitar bulan Agustus yang berlangsung selama 3 hari. Festival tahunan ini merupakan performance yang datang dari berbagai daerah di Indonesia sampai mancanegara seperti, USA, mexico, dan Australia. YGF bertempat di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Selama festival/konser, ada juga exhibition dan workshop. Bagi para pecinta dan atau penikmat gamelan, kesempatan ini pas untuk menikmati gamelan secara langsung.

3. Festival Grebek Maulud/Sekaten

Festival sekaten diadakan sekitar bulan Desember-Januari setiap tahunnya. Festival ini diadakan untuk menyambut Hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Rangkaian acaranya merupakan tradisi dan ritual yang dilestarikan semenjak jaman Walisongo.

Selain arak-arakan dari para abdi dalem keraton yang membawa gunungan yang kemudian diperebutkan oleh warga Jogja yang datang, terdapat juga pasar rakyat yang berlangsung di alun-alun utara selama seminggu.

Di sana banyak dagangan unik sandang, pangan, dan barang kerajinan yang dijajakan. Terdapat jugapermainan anak-anak seperti komedi putar, bianglala, rumah hantu, dan atraksi sepeda dan banyak lagi yang lainnya.

 

 

 

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ISTINGANATUN ALIYAH

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie