Karang Tawulan, Hamparan Biru di Tanah Sunda

Karang Tawulan, Hamparan Biru di Tanah Sunda
info gambar utama

Eksotisme pantai di Jawa Barat memang memikat mata yang memandang. Siapa sangka salah satu kota di Jawa Barat ini memiliki pantai tersembunyi yang belum banyak didengungkan di setiap telinga para penggemar wisata alam. Tasikmalaya yang terkenal dengan kerajinan anyaman dan bordirnya ternyata memiliki satu permata titipan Sang Pencipta berupa hamparan biru yang luar biasa indahnya yaitu Pantai Karang Tawulan.

Letak Pantai Karang Tawulan ini berada di Kalapagenep Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, tepatanya 90 km dari Kota Tasikmalaya. Lokasi Pantai Karang Tawulan berada setelah Panatai Sindangkerta dan Pantai Pamayangsari. Sehingga apabila ingin berwisata ke Karang Tawulan dapat menikmati tiga pantai sekaligus, karena letak antarpantai yang tidak terlalu jauh.

Sebagian orang mengidentikan Kota Tasikmalaya dengan wisata Pantai Pangandaran dan Cipatujah yang sudah banyak dikenal para wisatawan. Namun Pantai Karang Tawulan ini merupakan pantai tersembunyi yang pesonanya tidak kalah menarik dari pantai lainnya yang ada di Jawa Barat. Pantai Karang Tawulan memiliki keunikan tersendiri karena pantainya dipenuhi dengan karang-karang. Setiap deburan ombaknya memikat hati orang yang berkunjung untuk menatap ombak-ombak yang berlari dan memecah karang.

Deburan ombak memecah karang di sekitaran pantai
info gambar


Dari sebagian orang yang sudah berkunjung ke pantai ini akan memberikan kesan bahwa pantai ini luar biasa indahnya. Walaupun suasananya sepi dan hening belum terlalu banyak pengunjung, namun justru disinilah suara ombak dan pecahan-pecahannya yang melengkapi keindahan pemandangan Karang Tawulan. Jika kita sengaja menyusuri pantainya maka ada kenikamatan tersendiri yang akan menghiasi kekaguman kita. Dimana kita bisa lebih tenang untuk memandang hamparan biru lepas, melihat pecahan ombak yang menyentuh karang-karang sehingga menjadi pemandangan yang cantik dan berkesan.

Pulau Nusa Manuk
info gambar

Di tengah Pantai Karang Tawulan ini terdapat pulau kecil bernama Pulau Nusa Manuk. Pulau ini dihuni oleh ratusan burung yang dalam suatu waktu tertentu akan terbang dengan formasi yang indah. Hal ini menambah keunikan tersendiri bagi Pantai Karang Tawulan.

Jika kita berkunjung ke pantai pada pagi hari, maka panorama pagi yang tenang antara langit dan pantai akan melengkapi keindahan pandangan mata ini. Pantai akan sedikit surut dan kita bisa menikmati karang yang begitu banyak. Namun jika kita mengunjungi pada siang hari jangan khawatir dengan cuaca panas di sekitar pantai, karena di sekitaran pantai terdapat bukit hijau yang luas. Bukit ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk memandang lepas ke arah pantai untuk menikmati keindahan Sang Pencipta yang luar biasa. Pantai Karang Tawulan menjadi tempat yang lengkap untuk berwisata bersama keluarga yang menyuguhkan panorama indah dan suasana yang begitu alami.

Eksotisme Pantai Karang Tawulan dari atas bukit
info gambar




Sumber : Adventure of Eva Nurra
Sumber Gambar Sampul :Eva Nurra's Photo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini