Lupa Sandi?

Komoditas Sayur Lokal Siap Bersaing Dengan Komoditas Impor

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Komoditas Sayur Lokal Siap Bersaing Dengan Komoditas Impor

Negeri ini dikenal tidak hanya dari lautnya yang sangat luas tetapi juga tanahnya yang subur. Tak ayal bila berbagai jenis tanaman dapat tumbuh di Indonesia termasuk sayur-mayur. Kebutuhan dalam negeri yang sangat kaya akan jenis kuliner memaksa sayur untuk dapat meningkat kualitasnya dipasaran. Berkat permintaan pasar domestik tersebut, kualitas produk lokal menjadi mampu bersaing dengan komoditas sayur impor.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Pasar Komoditi Nasional (Paskomas) Hartono, yang mengatakan bahwa kualitas bahan pangan lokal saat ini sudah bisa disejajarkan dengan bahan pangan impor. Selain kualitas, kata dia, secara harga pun bahan lokal tentunya jauh lebih murah dan mampu menekan food cost.

“Saat ini komoditas sayur dan buah lokal kita secara kualitas sudah bisa dikatakan sama dengan kualitas impor, bahkan beberapa hotel dan restoran bertaraf internasional telah mejadi pelanggan Paskomnas," ujar Hartono seperti diberitakan Republika.co.id Jumat, (22/7).

Hartono juga berharap agar semakin banyak masyarakat pelaku bisnis kuliner dan juga asosiasi yang menaungi pengusaha pengusaha restoran untuk bersedia mendukung produk-produk yang dihasilkan oleh petani lokal dengan membelinya. 

Baca Juga

Baca juga: Gelar Festival Buah, Revolusi Oranye Bakal Bergulir di Bogor

Melalui Paskomas yang diluncurkan pada bulan Juni yang lalu, diharapkan transaksi daring untuk komoditas sayur dan buah akan menjadi solusi bagi kesejahteraan para petani sayur dan buah lokal. Sebab menurut Hartono, selain hasil penjualan dapat dirasakan langsung oleh petani, Paskomas juga menjadi media untuk para petani agar menjadi petani yang siap dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

"Di tengah persaingan usaha akan semakin ketat, Paskomnas berupaya melakukan pelatihan, pendampingan, penguatan jaringan penjualan yang lebih luas bagi para petani agar mampu bersaing dengan pasar internasional," jelasnya.

PT. Paskomnas Indonesia, yang merupakan sebuah kelompok perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan pasar induk sayur dan buah-buahan, meluncurkan layanan pasar induk melalui internet. Saat ini layanan jual beli komoditas buah dan sayur berbasis daring tersebut telah melayani kebutuhan pasar maysarakat di wilayah Jabodetabek dan Kota Surabaya.

Sumber : Republika
Sumber Gambar Sampul : wartakesehatan.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Kopi dan Sawit Indonesia Seharga Pesawat Tempur Rusia

Indah Gilang Pusparanisatu minggu yang lalu

Indonesia, Negara Eksportir Kopi Terbesar Dunia?

Agatha Olivia Victoriasatu minggu yang lalu

Menteri Susi: Laut Natuna Penting bagi Indonesia

Adriani Zulivansatu minggu yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie