Komoditas Sayur Lokal Siap Bersaing Dengan Komoditas Impor

Komoditas Sayur Lokal Siap Bersaing Dengan Komoditas Impor
info gambar utama

Negeri ini dikenal tidak hanya dari lautnya yang sangat luas tetapi juga tanahnya yang subur. Tak ayal bila berbagai jenis tanaman dapat tumbuh di Indonesia termasuk sayur-mayur. Kebutuhan dalam negeri yang sangat kaya akan jenis kuliner memaksa sayur untuk dapat meningkat kualitasnya dipasaran. Berkat permintaan pasar domestik tersebut, kualitas produk lokal menjadi mampu bersaing dengan komoditas sayur impor.

Hal tersebut disampaikan oleh CEO Pasar Komoditi Nasional (Paskomas) Hartono, yang mengatakan bahwa kualitas bahan pangan lokal saat ini sudah bisa disejajarkan dengan bahan pangan impor. Selain kualitas, kata dia, secara harga pun bahan lokal tentunya jauh lebih murah dan mampu menekan food cost.

“Saat ini komoditas sayur dan buah lokal kita secara kualitas sudah bisa dikatakan sama dengan kualitas impor, bahkan beberapa hotel dan restoran bertaraf internasional telah mejadi pelanggan Paskomnas," ujar Hartono seperti diberitakan Republika.co.id Jumat, (22/7).

Hartono juga berharap agar semakin banyak masyarakat pelaku bisnis kuliner dan juga asosiasi yang menaungi pengusaha pengusaha restoran untuk bersedia mendukung produk-produk yang dihasilkan oleh petani lokal dengan membelinya.

Baca juga: Gelar Festival Buah, Revolusi Oranye Bakal Bergulir di Bogor

Melalui Paskomas yang diluncurkan pada bulan Juni yang lalu, diharapkan transaksi daring untuk komoditas sayur dan buah akan menjadi solusi bagi kesejahteraan para petani sayur dan buah lokal. Sebab menurut Hartono, selain hasil penjualan dapat dirasakan langsung oleh petani, Paskomas juga menjadi media untuk para petani agar menjadi petani yang siap dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Di tengah persaingan usaha akan semakin ketat, Paskomnas berupaya melakukan pelatihan, pendampingan, penguatan jaringan penjualan yang lebih luas bagi para petani agar mampu bersaing dengan pasar internasional," jelasnya.

PT. Paskomnas Indonesia, yang merupakan sebuah kelompok perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan jaringan pasar induk sayur dan buah-buahan, meluncurkan layanan pasar induk melalui internet. Saat ini layanan jual beli komoditas buah dan sayur berbasis daring tersebut telah melayani kebutuhan pasar maysarakat di wilayah Jabodetabek dan Kota Surabaya.

Sumber : Republika
Sumber Gambar Sampul : wartakesehatan.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini