Mobil Volkswagen Punya Jepara ini Satu-satunya di Dunia

Mobil Volkswagen Punya Jepara ini Satu-satunya di Dunia
info gambar utama

Jepara memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah kota ukir. Bukan hanya furniture seperti meja, kursi, dan almari, replika motor Harley dari kayu juga telah banyak dihasilkan dari kota ini. Namun tahukah anda bahwa Jepara memiliki mobil ukir satu-satunya di dunia? Menjelang akhir tahun 2015 kemarin terungkap bahwa salah satu pengusaha mebel dan pengukir kayu berhasil membuat mobil Volkswagen dari kayu. Bukan hanya replika, mobil ini benar-benar bisa dikendarai.

penampilan mobil VW dari kayu yang sangat unik
info gambar

Al Sadad sang pemilik sekaligus perakit mobil VW mengaku membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk menyelesaikan mobil ukirnya ini. Dia mengaplikasikan dua buah mobil VW bekas yang sudah rusak dan tidak bisa jalan. Dua mobil itu masing-masing dibeli seharga 500 ribu dan 6 juta. Dua mobil rusak itu lalu dirombak dan digabung menjadi sebuah mobil yang dapat berjalan lagi. Sedangkan untuk bodi mobil dibuat dari kayu jati tua bekas bongkaran rumah, gedung, dan jembatan. Kayu jati ini kualitasnya sangat baik bahkan tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Poin yang sangat unik adalah beberapa sisi dari bodi mobil ini diberi sentuhan ukiran khas Jepara. Seperti yang terlihat pada bagian bumper depan dan belakang, pintu, lampu, dan spion.

penampilan mobil VW kayu dari depan
info gambar

penampilan mobil VW kayu dari samping
info gambar

Benda unik yang bisa dikendarai ini telah berhasil menyabet empat penghargaan berskala Internasional. Yaitu pada ajang VW Internasional “Jogja Volkswagen Festival 2015” yang diselenggarakan di Kota Jogjakarta pada 21-22 November 2015. Mobil VW kayu yang diberi nama “Recycle Teak” ini mendapatkan penghargaan sebagai The Best People Choice dan The Best Modification Heavy VW Type 181/182. Selain itu, juga mendapatkan penghargaan dari majalah VW dari Jepang dan Ukraina. Festival tersebut diikuti oleh sekitar 2500 peserta dari beberapa Negara Asia dan Negara Eropa. Peserta yang hadir menyuguhkan berbagai jenis VW dengan modifikasi yang kreatif dan sangat unik. Meski begitu, mobil VW kayu yang dijuga diukir ini menjadi satu-satunya yang ada pada festival itu, bahkan di Dunia.




Sumber : jeparahariini.comkoranmuria.com
Sumber Gambar Sampul : jeparahariini.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini