Lupa Sandi?

Mobil Volkswagen Punya Jepara ini Satu-satunya di Dunia

Widya LestariN
Widya LestariN
0 Komentar
Mobil Volkswagen Punya Jepara ini Satu-satunya di Dunia

Jepara memiliki beberapa julukan, salah satunya adalah kota ukir. Bukan hanya furniture seperti meja, kursi, dan almari, replika motor Harley dari kayu juga telah banyak dihasilkan dari kota ini. Namun tahukah anda bahwa Jepara memiliki mobil ukir satu-satunya di dunia? Menjelang akhir tahun 2015 kemarin terungkap bahwa salah satu pengusaha mebel dan pengukir kayu berhasil membuat mobil Volkswagen dari kayu. Bukan hanya replika, mobil ini benar-benar bisa dikendarai.

penampilan mobil VW dari kayu yang sangat unik
penampilan mobil VW dari kayu yang sangat unik. Sumber: i.ytimg.com

Al Sadad sang pemilik sekaligus perakit mobil VW mengaku membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk menyelesaikan mobil ukirnya ini. Dia mengaplikasikan dua buah mobil VW bekas yang sudah rusak dan tidak bisa jalan. Dua mobil itu masing-masing dibeli seharga 500 ribu dan 6 juta. Dua mobil rusak itu lalu dirombak dan digabung menjadi sebuah mobil yang dapat berjalan lagi. Sedangkan untuk bodi mobil dibuat dari kayu jati tua bekas bongkaran rumah, gedung, dan jembatan. Kayu jati ini kualitasnya sangat baik bahkan tahan terhadap cuaca panas maupun hujan. Poin yang sangat unik adalah beberapa sisi dari bodi mobil ini diberi sentuhan ukiran khas Jepara. Seperti yang terlihat pada bagian bumper depan dan belakang, pintu, lampu, dan spion.

penampilan mobil VW kayu dari depan
penampilan mobil VW kayu dari depan. sumber: jeparahariini.com
penampilan mobil VW kayu dari samping
penampilan mobil VW kayu dari samping. sumber: jeparahariini.com

Benda unik yang bisa dikendarai ini telah berhasil menyabet empat penghargaan berskala Internasional. Yaitu pada ajang VW Internasional “Jogja Volkswagen Festival 2015” yang diselenggarakan di Kota Jogjakarta pada 21-22 November 2015. Mobil VW kayu yang diberi nama “Recycle Teak” ini mendapatkan penghargaan sebagai The Best People Choice dan The Best Modification Heavy VW Type 181/182. Selain itu, juga mendapatkan penghargaan dari majalah VW dari Jepang dan Ukraina. Festival tersebut diikuti oleh sekitar 2500 peserta dari beberapa Negara Asia dan Negara Eropa. Peserta yang hadir menyuguhkan berbagai jenis VW dengan modifikasi yang kreatif dan sangat unik. Meski begitu, mobil VW kayu yang dijuga diukir ini menjadi satu-satunya yang ada pada festival itu, bahkan di Dunia.




Sumber : jeparahariini.com koranmuria.com
Sumber Gambar Sampul : jeparahariini.com

Baca Juga
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDYA LESTARIN

i am happy ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata