Foto: Bandara Paling Baru yang Keren di Pulau Kalimantan Hampir Jadi

Foto: Bandara Paling Baru yang Keren di Pulau Kalimantan Hampir Jadi
info gambar utama

Ini kabar bagus bagi masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur. Mereka sudah bisa terbang dari Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, terhitung 9 Januari 2017 mendatang. Sebab, hari itulah bandara tersebut diresmikan. Peresmiannya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Pemprov Kalimantan Timur. Begitu diresmikan, bandara langsung bisa beroperasional.

BSB | 1000warnaindonesia.blogspot.com
info gambar

“HUT Pemprov Kaltim pada 9 Januari, jadi untuk peresmian sekaligus operasional BSB akan dilakukan di sekitar tanggal itu. Kami masih menyesuaikan waktu yang tepat, apalagi penuntasan sisi udara BSB saat ini masih berlangsung,” ujar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Provinsi Kaltim Zairin Zain di Samarinda.

Interior yang lebih modern | infokaltim.com
info gambar

Saat peresmian mendatang, landasan BSB hanya mampu didarati oleh pesawat jenis ATR dan Bombardier karena masih kurang panjang sehingga pihaknya masih membutuh dukungan pemerintah pusat dalam pengembangan runway.

Bandara Samarinda Baru | Kalamanthana
info gambar

Untuk mendapatkan bantuan APBN dari pemerintah pusat, lanjutnya, maka pengelolaan kemudian BSB diserahkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, beberapa pekan lalu.

#picdelifpg #hallosamarinda #hallosmr

Foto kiriman Delif Syaidi Rahim "bangdef" (@delifsyaidirahim) pada

Penyerahan ini hanya bersifat sementara karena jika landasan sudah panjang dan mampu melayani penerbangan pesawat besar, maka aset yang diserahkan boleh ditarik lagi untuk dikelola kembali oleh Pemprov Kaltim.

#throwback a moment to remember #sunset #2014 #bandarasamarindabaru #airport #kalimantantimur #samarinda

Foto kiriman Wahyulihaevnu (@wahyulihae) pada

Saat ini, lanjutnya, pembangunan BSB hampir seluruhnya selesai seperti pembangunan landasan pacu yang sudah lebih 70 persen, sedangkan untuk sisi darat berupa terminal dan fasilitas lainnya sudah tuntas dua tahun sebelumnya.

92/366 Friyayyyyy! #2016 #leapyear #airport #seisiring #samarinda #borneo #apron #vsco #vscocam #vscogrid #vscogood

Foto kiriman otniel hansen tananda (@hansentananda) pada

Ia mengatakan aset BSB di Sungai Siring yang diserahkan dengan nilai sekitar Rp2 triliun itu, berupa sejumlah bangunan senilai Rp1,4 triliun dan tanah seluas 280 hektare yang jika diuangkan setara dengan Rp500 miliar.

Bandara Samarinda Baru (Samarinda International Airport) adalah bandara yang akan melayani daerah Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Nama lain dari bandara ini adalah Bandara Sungai Siring. Selama ini, Samarinda hanya bisa 'didatangi' para pengunjung dari pulau lain melalui Bandara Sepinggan di Balikpapan, yang berjarak 2-3 jam perjalanan yang melelahkan.

Almost done, BSB

Foto kiriman Dwi Putri Anggraeni (@sandwiputri) pada

Bandara ini terletak di daerah Sungai Siring dan saat dibuka, akan menjadi salah satu pusat transit yang penting karena posisinya yang strategis. Bandara berkapasitas sebesar 5 juta penumpang dengan 16 ribu ton kargo. Bandara ini menjadi pusat operasi Kaltim Airlines.

BSB yang keren | Kliksamarinda.com
info gambar

Nantinya terdapat 1 buah landas pacu dengan panjang 3.000 meter dan selebar 60 meter. Nama landasan tersebut adalah 04/22.

Sumber : Kalamanthana | wikipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini