Lupa Sandi?

Inilah 10 Maskapai Terbaik di Benua Asia. Adakah dari Indonesia?

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Inilah 10 Maskapai Terbaik di Benua Asia. Adakah dari Indonesia?

Diakui atau tidak, pusat pertumbuhan ekonomi dunia sudah sejak dekade lalu beralih ke Asia. Pertumbuhan ini salah satunya ditandai dengan makin tumbuhnya dunia transportasi udara, yang menandakan makin tumbuhnya kelas menengah yang makin membutuhkan jasa pelayanan udara. Dan negara-negara di Asia berlomba memberikan yang terbaik untuk mereka, airport-aiport megah yang nyaman, pesawat-pesawat komersial baru, dan jasa-jasa terbaik lainnya. 

Khusus dalam hal transportasi udara, Asia adalah juaranya. Airport-aiport dan maskapai-maskapai terbaik, ada di benua ini. 

Skytrax sebagai lembaga independen yang berbasis di London, tiap tahunnya melakukan survei untuk menentukan elemen perjalanan udara terbaik. Tahun 2016 ini pengumuman maskapai terbaik dalam berbagai kategori sudah diumumkan di Farnborough International Airshow, Inggris.

Penghargaan inilah yang menjadi tolak ukur global mengenai kualitas maskapai dan merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dalam industri maskapai.

Untuk kawasan Asia, terpilih 10 maskapai terbaik yang dinilai dari rangking maskapai ini secara global atau dunia. Berikut sepuluh maskapai penerbangan terbaik di Asia dari urutan teratas:

Singapore Airlines | singaporeair.com
Singapore Airlines | singaporeair.com

1. Singapore Airlines

Maskapai dari Singapura ini didaulat sebagai maskapai penerbangan terbaik yang ada di Asia. Berdiri sejak tahun 1972, Singapore Airlines saat ini terbang ke 90 kota di 40 negara. Selain keluar sebagai jawara maskapai penerbangan se-Asia, Singapore Airlines juga menyabet Best Business Class Airline Seat atau tempat duduk terbaik di kelas bisnis.

Cathay Pacific | eightpartnership.com
Cathay Pacific | eightpartnership.com

2. Catchay Pacific

Catchay Pacific adalah maskapai iternasional yang berbasis di Hongkong. Tahun ini Catchay Pacific mendapat dua penghargaan yakni World's Best Airline Cabin Cleanliness atau kabin pesawat paling bersih di dunia dan Best First Class Airline Lounge atau lounge untuk kelas utama terbaik.

ANA | japan-magazine.jnto.go.jp
ANA | japan-magazine.jnto.go.jp

3. ANA All Nippon Airways

ANA berdiri tahun 1952, berbasis di Tokyo Jepang. Profesionalisme pekerja Jepang yang tersohor dibuktikan oleh ANA dengan menerima penghargaan World's Best Airport Services atau pelayanan bandara terbaik di dunia dan Best Airline Staff Sercvice in Asia atau staf maskapai terbaik di Asia.

Eva Air | sandinmysuitcase.com
Eva Air | sandinmysuitcase.com

4. EVA Air

Berbasis di Taiwan, tahun ini Eva Air menyabet Best Airline Transpacific atau maskapai terbaik dengan rute Asia-Australia dan Amerika Utara-Amerika Selatan. Tak kalah unik, tahun ini Eva Air juga mendapat penghargaan Best Business Class Comfort Amenities atau pernak pernik yang memberi kenyamanan terbaik di kelas bisnis. Contohnya bantal yang empuk, selimut yang hangat, handuk dingin atau panas, piyama, sampai produk untuk mandi.

Garuda Indonesa | garuda-indonesia.com
Garuda Indonesa | garuda-indonesia.com

5. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia ini mendapat penghargaan World's Best Cabin atau awak kabin terbaik di dunia. Selama tiga tahun berturut-turut Garuda Indonesia menyabet gelar bergengsi ini.

Hainan Airlines | smile-aviation.com
Hainan Airlines | smile-aviation.com

6. Hainan Airlines

Nama Hainan Airlines diambil dari Povinsi Hainan di China. Hainan adalah maskpai terbaik di negaranya, terbukti dengan penghargaan yang baru saja diterima yakni Best Airline in China atau maskapai penerbangan terbaik di China dan Best Airline Staff Service di China atau pelayanan staf terbaik di China.

Thai Airways | Staralliance.com
Thai Airways | Staralliance.com

7. Thai Airways

Tahun ini Thai Airways didaulat sebagai maskapai penerbangan yang paling berkembang di dunia atau World's Most Improved Airline dan fasilitas ruang spa santai terbaik dengan penghargaan Best Airline Lounge Spa Facility.

Asiana Airlines | moneyleftfortravel.com
Asiana Airlines | moneyleftfortravel.com

8. Asiana Airlines

Maskapai asal Korea Selatan ini menyapu bersih penghargaan di kelas ekonomi. Mulai dari World's Best Economy Class atau kelas ekonomi terbaik dunia, Best Economy Seat atau tempat duduk terbaik di kelas ekonomi, dan Best Economy Class Onboard Catering atau katering makanan terbaik untuk kelas ekonomi.

Bangkok Airways |bangkokair.com
Bangkok Airways |bangkokair.com

9. Bangkok Airways

Satu lagi maskapai asal Thailand yang masuk dalam maskapai penerbangan terbaik di Asia. Bangkok Airways berhasil menyabet dua penghargaan yakni World's Best regional Airline atau maskapai rute regional terbaik dunia dan Best Regional Airline di Asia atau maskapai rute regional terbaik di Asia.

Japan Airlines | aviation blog
Japan Airlines | aviation blog

10. Japan Airline

Terakhir ada maskapai penerbangan asal negeri Sakura. Tahun ini Japan Airlines tak menyabet penghargaan lainnya. Meski begitu masuk sebagai peringkat sepuluh terbaik di Asia.

(Kompas)

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang21%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas