Mahasiswa UNY Juarai Kompetisi Penelitian Internasional

Mahasiswa UNY Juarai Kompetisi Penelitian Internasional
info gambar utama

Prestasi kembali ditorehkan pelajar Indonesia di kancah Internasional. Kali ini dalam bidang penelitian, tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil mengharumkan nama bangsa di Seoul, Korea Selatan. Pelajar yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian UNY ini berkompetisi di ajang penemuan dunia World Invention Creativity Contest (WICC) ke-3 yang diselenggarakan oleh Korea University Invention Association (KUIA). WICC kali ini bekerjasama dengan Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA), sebuah organisasi non-profit nasional yang dapat menampung potensi para peneliti, penemu, dan inovator Indonesia.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari, yakni 28-30 Juli 2016 ini, ratusan peserta yang merupakan inventor dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, Vietnam, USA, Taiwan, China, Filipina, dan beberapa negara lainnya melakukan serangkaian kegiatan sebagai penilaian. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pertama adalah menata standbooth yang akan dinilai oleh juri. Semua peserta saling berlomba untuk mempersiapkan standbooth terbaik mereka. Pada hari selanjutnya, kegiatan yang dilaksanakan yaitu exhibition dimana setiap tim menjelaskan karya yang telah dibuat kepada juri yang berasal dari berbagai negara. Para juri mengunjungi setiap standbooth dan melakukan tanya jawab dengan inventor. Selain harus dapat memberikan paparan dalam bahasa inggris, inventor-inventor ini harus dapat menjelaskan mengenai deskripsi karya, keunggulan produk, implementasi dan paten akan penemuan mereka.

Karya yang membawa mahasiswa UNY membawa medali emas dan Semi Grand Award berjudul “Utilization of Waste Melinjo (Gnetum gnemon) as Environmentally Friendly Briquette Material”. Selain tim dari Universitas Negeri Yogyakarta, tim dari Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga hadir sebagai delegasi dari Indonesia dalam WICC pada tahun ini.




Sumber :

https://www.uny.ac.idtempo.co


Sumber Gambar Sampul : https://www.uny.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini