Jangan Kaget Bila Bertemu Ular Piton di Pasar Ini

Jangan Kaget Bila Bertemu Ular Piton di Pasar Ini
info gambar utama

Pernahkah anda menjumpai ular piton ketika berbelanja di pasar? Jika belum, nampaknya anda wajib untuk mampir ke Pasar Beriman. Pasar Beriman terdapat di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Kota Tomohon terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Manado, suasananya sangat sejuk karena berada di antara Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Namun suasana sontak akan menjadi kontras apabila anda mengunjungi pasar tradisionalnya. Hal ini dikarenakan barang dagangan yang diperjualbelikan mampu membuat anda merinding.

ular piton yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: liputan6.static6.com
info gambar

Barisan lapak pada pasar ini tidak diisi dengan sayur, buah, dan ikan. Daging ular piton, paniki (kelelawar), tikus, babi hutan, anjing, dan daging kucing yang akan menyambut para pembeli. Memang banyak yang mengakui bahwa pasar Beriman di Tomohon ini merupakan pasar paling ekstrem yang ada di Indonesia. Bayangkan saja, masuk ke dalam pasar ini bau anyir darah dan daging terbakar langsung menggelitik hidung.

kelelawar yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: merdeka.com
info gambar

Bagi yang penasaran dengan harganya, untuk tikus berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu. Tikus yang dijual adalah tikus hutan atau kebun, bukan tikus yang sering wara-wiri di selokan. Untuk kelelawar harganya tidak jauh berbeda dari tikus. Kelelawar biasa dimasak rica-rica, bumbu santan, atau bumbu woku. Untuk harga daging anjing dan ular piton yang besarnya bisa setara dengan paha manusia, dijual Rp 50 ribu per kilonya.

Selain warga, pembeli di pasar ini adalah para pengelola rumah makan. Sejumlah kuliner khas Minahasa memang berbahan dasar daging hewan tersebut. Warga Tomohon mengatakan pasar ekstrem ini sudah dikenal sejak dulu. Bahkan banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri sering menyempatkan diri mengunjungi Tomohon hanya untuk sekedar melihat ekstremnya suasana pasar. Ada yang hanya mengambil foto, ada juga yang membeli untuk oleh-oleh keluarga di tempat asal mereka. Bagaimana, apakah anda tertarik berbelanja di pasar ini?




Sumber :viva.co.iddetik.com

Sumber Gambar Sampul : jurnalasia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini