Lupa Sandi?

Jangan Kaget Bila Bertemu Ular Piton di Pasar Ini

Widya LestariN
Widya LestariN
0 Komentar
Jangan Kaget Bila Bertemu Ular Piton di Pasar Ini
Jangan Kaget Bila Bertemu Ular Piton di Pasar Ini

Pernahkah anda menjumpai ular piton ketika berbelanja di pasar? Jika belum, nampaknya anda wajib untuk mampir ke Pasar Beriman. Pasar Beriman terdapat di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Kota Tomohon terletak sekitar 25 kilometer dari Kota Manado, suasananya sangat sejuk karena berada di antara Gunung Mahawu dan Gunung Lokon. Namun suasana sontak akan menjadi kontras apabila anda mengunjungi pasar tradisionalnya. Hal ini dikarenakan barang dagangan yang diperjualbelikan mampu membuat anda merinding.

ular piton yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: liputan6.static6.com
ular piton yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: liputan6.static6.com

Barisan lapak pada pasar ini tidak diisi dengan sayur, buah, dan ikan. Daging ular piton, paniki (kelelawar), tikus, babi hutan, anjing, dan daging kucing yang akan menyambut para pembeli. Memang banyak yang mengakui bahwa pasar Beriman di Tomohon ini merupakan pasar paling ekstrem yang ada di Indonesia. Bayangkan saja, masuk ke dalam pasar ini bau anyir darah dan daging terbakar langsung menggelitik hidung.

kelelawar yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: merdeka.com
kelelawar yang dijual di pasar beriman, Tomohon. foto: merdeka.com

Bagi yang penasaran dengan harganya, untuk tikus berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu. Tikus yang dijual adalah tikus hutan atau kebun, bukan tikus yang sering wara-wiri di selokan. Untuk kelelawar harganya tidak jauh berbeda dari tikus. Kelelawar biasa dimasak rica-rica, bumbu santan, atau bumbu woku. Untuk harga daging anjing dan ular piton yang besarnya bisa setara dengan paha manusia, dijual Rp 50 ribu per kilonya.

Selain warga, pembeli di pasar ini adalah para pengelola rumah makan. Sejumlah kuliner khas Minahasa memang berbahan dasar daging hewan tersebut. Warga Tomohon mengatakan pasar ekstrem ini sudah dikenal sejak dulu. Bahkan banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri sering menyempatkan diri mengunjungi Tomohon hanya untuk sekedar melihat ekstremnya suasana pasar. Ada yang hanya mengambil foto, ada juga yang membeli untuk oleh-oleh keluarga di tempat asal mereka. Bagaimana, apakah anda tertarik berbelanja di pasar ini?

Baca Juga




Sumber : viva.co.id detik.com

Sumber Gambar Sampul : jurnalasia.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG WIDYA LESTARIN

i am happy ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata