Cerita Dari Negri Khayangan ( Di hyang )

Cerita Dari Negri Khayangan ( Di hyang )

Cerita Dari Negri Khayangan ( Di hyang )

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Yang sering terdengar dan lebih popular adalah Dieng, bukan Di hiyang yang sebenarnya adalah nama wilayah ini dahulu kala. kata Di-Hyang yang berarti "tempat bersemayamnya para dewa" merupakan dataran tertinggi di Pulau Jawa yang memiliki wilayah pemukiman. Berada di ketinggian sekitar +/-2100 meter dari permukaan air laut dan hanya memiliki luas dataran sekitar 14 .000 meter persegi, rata rata penduduknya bercocok tanam dan bertani kentang dan tanaman sayur mayor yang identik hidup di ketinggian. Dataran tinggi tersebut merupakan daratan yang terbentuk oleh kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawahnya terlihat jelas dari dataran yang terletak di tengah yang dikelilingi oleh bukit-bukit, dengan banyaknya kawah yang masih aktif membuat daerah ini kaya akan sumber panas bumi.

Prosesi Cukur Rambut Gimbal dalam Rangkain Acara DCF 2016
Prosesi Cukur Rambut Gimbal dalam Rangkain Acara DCF 2016

Terbagi menjadi 2 wilayah Kabupaten Yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Wilayah ini memiliki banyak komplek Candi , Candi candi di Dieng dibangun pada masa Hindu, karena di areal percandian tersebut banyak ditemukan peninggalan-peninggalan berupa arca-arca Dewa Siwa, Wisnu, Agastya, Ganesha dan lain-lainya yang bercirikan agama Hindu. Namun, masyarakat setempat (sekitarnya) menamainya dengan tokoh-tokoh wayang Purwa dalam lokan Mahabarata, misalnya Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Bima, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi dan Candi Puntadewa. kompleks percandian tersebut dibuat 731 (Saka) atau 809 Masehi.

Berbagai persiapan DCF 2016
Berbagai persiapan DCF 2016

Secara rutin di wilayah ini di geler perhelatan akbar selama 3 hari yaitu Dieng Culture Festifal( DCF), acara tahunan yang di barengkan dengan hari jadi Kabupaten Banjarnegara, dimana wilayah Komplek candi merupakan bagian dari Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah . Sejumlah acara termasuk Cukur Rambut Gembel yang merupakan Pungkasan dari acara DCF 2016 tahun ini , sebelumnya ada pertunjukan Jazz Atas Awan, Musik Live dan berbagai pertunjukan Kesenian yang memukau.

Anak Gimbal Khas Keturunan Dieng
Anak Gimbal Khas Keturunan Dieng

Minggu 7 Agustus 2016 merupakan hari Ritual Cukur rambut Gimbal dilakukan, dihadiri oleh jajaran Pemerintahan baik dari pusat hingga tingkat Kabupaten, juga di saksikan ribuan pengunjung dari berbagai wilayah di Tanah Air dan hingga wisatawan maca Negara. Memang Acara ini mampu meningkatkan kunjungan Wisatawan secara signifikan setiap tahunnya. Tak heran jika setiap diadakan DCf ribuan orang memadati dataran tinggi dieng untuk menyaksikannya. Dengan luas dataran yang begitu terbatas kemacetan parah tak terhidarkan hingga kurangnya sarana pendukung lain. Tetapi bagi pecinta trafeling dan Budaya Tradisi hal ini bukan halangan, yang pasti ada cerita menarik dan cerita indah Di dataran Tinggi Dieng. ( fadkus )

Pelarungan rambut gimbal di telaga warna
Pelarungan rambut gimbal di telaga warna



Sumber : fadkus
Sumber Gambar Sampul : fadkus

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga61%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Dawai dan Dansa Penonton Meriahkan Jazz Atas Awan di DCF 2016 Sebelummnya

Dawai dan Dansa Penonton Meriahkan Jazz Atas Awan di DCF 2016

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Fadkus .
@fadkus

Fadkus .

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.