PANEN HAMA BELALANG

PANEN HAMA BELALANG
info gambar utama

Compose writing..

Sudah lebih dari sepekan hama belalang menyerang sebagian tanaman warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bupati Sumba Timur Gidion Mbiliyora kepada Kompas.com, Rabu (29/6/2016) malam mengatakan, ada empat kecamatan yang diserang belalang, yakni Rindi, Pahunga Lodu, Kahaungu Eti, dan Haharu.

Di Haharu, belalang hijau telah ditangani hingga tuntas. Adapun di tiga kecamatan lain, belalang kembara masih menyerang tanaman petani.

"Potensi kerusakan tanaman petani bisa sekitar seratus hektar lebih, kalau tidak secepatnya ditangani," kata Gidion.

"Kalau tanaman petani kebanyakan sudah panen, sehingga belum ada kerugian. Tapi kalau tidak ditangani secara tuntas, bisa menyebabkan kerugian sampai ratusan juta Rupiah," ujarnya.

Belalang merupakan salah satu hama bagi petani karena merugikan, yaitu memakan tanaman petani. Namun ada yang lain di Negara tetangga kita. Kalau lagi pelesiran di Thailand, jangan lupa coba snack gorengan serangga dan ulat. Jangan salah! Alih-alih bikin geli tenggorok dan menjijikkan, makanan selingan ini gurih, renyah dan bergizi. Meledaknya hama belalang bisa dianggap berkah karena merupakan sumber protein baru yang baik.



Sumber : kompas.com
Sumber Gambar Sampul : kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini