Lupa Sandi?

5 Es Segar Asli Indonesia Ini Cocok Diminum Saat Cuaca Panas

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
0 Komentar
5 Es Segar Asli Indonesia Ini Cocok Diminum Saat Cuaca Panas

Campuran santan, buah-buahan, daun pandan, agar-agar, bahkan ketan hitam yang ditambah dengan es menjadi primadona tersendiri dari minuman asli Indonesia. Indonesia berada di daerah tropis yang terkenal dengan cuacanya yang sangat panas. Tak heran jika banyaknya jenis-jenis es asli buatan Indonesia yang menyegarkan dan tentunya menggoda selera.

Berikut adalah es asli Indonesia yang bisa anda coba saat cuaca panas :

  1. Es Teler
Es Teler.    Sumber:cfcdn3.azsg
Es Teler. Sumber:cfcdn3.azsg

Tidak banyak yang tahu bahwa Hajah Samikem Darmo Wijoyo adalah penemu resep es teler. Perempuan berusia 70 tahun ini menemukan resep es teler pada tahun 1957, yang sekarang resep es telernya sudah banyak ditiru penjual es.

Es Teler atau bisa disebut koktail buah asli Indonesia ini berbahan alpukat, kelapa muda, cincau, nangka dan buah-buahan lainnya. Setelah itu buah-buahan disajikan dengan santan, susu kental manis, daun pandan, gula, dan sedikit garam.

Baca Juga
  1. Es Doger
Es Doger.    Sumber:gulalives.com
Es Doger. Sumber:gulalives.com

Kata doger sendiri berasal dari singkatan dorong gerobak. Minuman yang berasal dari Cirebon ini banyak ditemui di Kota Bandung dan kota-kota besar lain di Indonesia. Es doger sangat pas diminum saat cuaca panas atau seusai olahraga. Rasanya yang enak dan segara membantu memulihkan stamina anda setelah seharian beraktifias.

Es doger berbahan dasar susu dan parutan kelapa ditambah dengan tape, ketan hitam,alpukat, dan lain-lain. Minuman ini terbuat dari pacar cina, tapai, cincau hitam, susu dan sirup berwarna merah.

  1. Es Cendol / Es Dawet
Es Cendol.    Sumber:ferlys.com
Es Cendol. Sumber:ferlys.com

Es cendol memiliki rasa manis dan gurih. Nama cendol lebih dikenal di daerah Sunda, sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Istilah cendol berasal dari jendol, merupakan sensasi jendolan yang dirasakan saat butiran cendol masuk ke dalam mulut. Es ini merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, yang disajikan dengan es parut serta gula merah cair ditambah santan.

Agar membentuk buliran-buliran cendol, tepung beras diolah dicetak dalam saringan khusus yang kemudian diberi pewarna hijau. Pewarna alami yang digunakan berasal dari daun pandan atau daun suji. Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan yang cocok diminum saat siang hari.

  1. Es Pisang Ijo
Es Pisang Ijo.    Sumber:resepmakanan,me
Es Pisang Ijo. Sumber:resepmakanan,me

Menurut masyarakat sekitar, dahulu kala terdapat raja di daerah Sulewasi yang suka dengan pisang. Suatu ketika, juru masak pribadi yang bernama Ijo melakukan kesalahan sehingga membuat sang raja murka. Sebelum dihukum, Ijo menawarkan sebuah makanan baru yang terbuat dari pisang yang akhirnya membuat sang raja luluh. Makanan tersebut dinamakan Pisang Ijo yang sampai saat ini dikreasikan dalam bentuk minuman Es Pisang Ijo.

Es Pisang Ijo merupakan minuman khas asli Makassar yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau, yang kemudiandikukus di sebuah dandang. Tepungyang digunakan terbuat dari tepung, air, pewarna hijau atau air daun suji dan air daun pandan.

  1. Selendang Mayang
Es Selendang Mayang.    Sumber:arenawanita.com
Es Selendang Mayang. Sumber:arenawanita.com

Berbeda dengan es sebelumnya, minuman tradisional asal Jakarta bernama Selendang Mayang ini termasuk tidak gampang dijumpai. Hal ini karena di kalangan masyarakat Betawi sendiri menganggap selendang mayang sebagai minuman kuno dan hanya disajikan dalam acara-acara tertentu, seperti Lebaran Betawi.

Bahan yang digunakan berupa adonan kue yang dibuat seperti agar-agar warna-warni. Warna yang cantik itulah yang membuat minuman ini dinamakan 'selendang'. Setelah dipotong-potong, adonan kue ditambah situp gula Jawa, kuah santan dan potongan es batu.



Sumber : Wikipedia
Sumber Gambar Sampul : ngonoo.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata