Hari Ini Terminal 3 Soekarno Hatta Beroperasi, Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

Hari Ini Terminal 3 Soekarno Hatta Beroperasi, Ini Yang Harus Kamu Perhatikan
info gambar utama

Kabar gembira, terminal baru di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) yang sudah ditunggu-tunggu hari ini pukul 00.00 WIB telah resmi beroperasi. PT. Angkasa Pura (AP) 2 sebagai pengelola bandara dan maskapai Garuda Indonesia yang beroperasi di terminal ini telah diberi lampu hijau oleh Kementerian Perhubungan untuk beroperasi dan melayani penumpang.

Mulai beroperasinya terminal ini tentu saja akan membuat beberapa alur operasional bandara berubah. Perlu dicatat, bahwa saat ini Garuda Indonesia di Terminal 3 hanya melayani penerbangan domestik sedangkan penerbangan internasional masih berada di Terminal 2. Sehingga untuk proses transit internasional dari domestik, penumpang harus melakukan perpindahan antar terminal.

Luasnya terminal baru ini bisa jadi akan membuat penumpang yang belum terbiasa menjadi kebingungan. Namun jangan khawatir, Garuda Indonesia dan AP 2 telah membuat simulasi alur pergerakan penumpang ketika mendarat ataupun lepas landas melalui terminal yang mampu menampung 25 juta penumpang tersebut.

Agar mudah dipelajari, Garuda Indonesia dan AP 2 menyebarkan infografis terkait dengan petunjuk apa harus diperhatikan di Terminal 3. Berikut adalah infografis berupa petunjuk alur penumpang yang diambil dari situs Angkasa.co.id

1. Alur penumpang transit domestik ke domestik

Alur Domestik ke Domestik (Gambar: angkasa.co.id)
info gambar

Untuk penumpang yang melakukan transit domestik, tidak harus ganti terminal. Setelah mendarat, penumpang hanya perlu menuju ke sisi transfer lounge dan melapor ke petugas. Selanjutnya, penumpang akan kembali melewati X-ray sebelum menuju ruang tunggu keberangkatan.

2. Alur penumpang transit domestik ke internasional

Alur Domestik ke Internasional (Gambar: angkasa.co.id)
info gambar

Penumpang yang melakukan transit domestik dan menuju penerbangan internasional menggunakan Garuda Indonesia, penumpang harus melakukan perpindahan terminal. Setelah mendarat di Terminal 3, penumpang harus segera menuju remote gate (gate 13) untuk naik bus menuju Terminal 2. Di Terminal 2, penumpang akan turun di gate F6 dan segeralah menuju lantai 2 untuk melakukan check-in. Selanjutnya penumpang harus melewati proses pengecekan dokumen imigrasi seperti pada penerbangan internasional biasanya sebelum melanjutkan perjalanan.

3. Alur penumpang transit internasional ke domestik

Alur Internasional ke Domestik (Gambar: angkasa.co.id)
info gambar

Sama seperti perjalanan domestik ke internasional, dalam perjalanan transit internasional ke domestik, penumpang harus ganti terminal namun prosesnya terbalik. Setelah penumpang mendarat di Terminal 2, dan menjalani pemeriksaan imigrasi dan pengecekan barang, penumpang harus menuju ke loket transfer counter di Terminal 2 kemudian menuju Gate F6 untuk naik bus menuju terminal 3 Gate 13. Kemudian penumpang perlu menuju ke lantai 1 Terminal 3 untuk melewati proses pemeriksaan barang bawaan di gerbang X-ray dan kemudian menuju ruang tunggu keberangkatan sebelum melanjutkan penerbangan domestik.

Perubahan kebiasaan mungkin pada awalnya cukup membingungkan, namun dengan mulai beroperasinya Terminal 3 tersebut, diharapkan alur lalu lintas penerbangan menuju Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta dapat lebih lancar. Jadi jangan keburu panik, pelajari dahulu alurnya kemudian rencanakan perjalanan dengan baik. Semoga petunjuk ini bermanfaat untuk kawan GNFI.

Sumber : Angkasa.co.id
Sumber Gambar Sampul : indo-aviation.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini