Olimpiade Rio 2016 Indonesia Kembali Raih Medali Lewat Cabang Angkat Besi

Olimpiade Rio 2016 Indonesia Kembali Raih Medali Lewat Cabang Angkat Besi
info gambar utama

Setelah Sri Wahyuni mendapat medali perak dari cabang angkat besi 48 kg putri, medali berikutnya yang dipersembahkan oleh kontingen Indonesia juga datang cabang yang sama. Medali kedua yang diraih Merah Putih tersebut diraih berkat penampilan bagus Eko Yuli Irawan yang mendapat medali perak setelah berhasil mengangkat beban seberat 312 kg.

Eko yang merupakan atlet pria asal Lampung tersebut tampil dalam kelas 62 kg berhasil mencatat angkatan seberat 142 kg di sesi snatch dan 170 kg dalam sesi clean and jerk. Total angkatan Eko unggul bila dibandingkan dengan peraih perunggu asal Kazakhstan Farkhad Kharky yang mampu mengangkat beban seberat 305 kg.

Sedangkan bila dibandingkan dengan peraih emas asal Kolombia, Oscar Figueroa yang berhasil meraih total angkatan seberat 318kg, Eko hanya terpaut 6 kg. Prestasi ini merupakan raihan yang lebih baik dari pada olimpiade London pada 2012 yang pada saat itu Eko hanya meraih medali perunggu.

Baca juga:Inilah Daftar Atlet Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Rio 2016

Pertandingan kelas 62 kg putra tersebut cukup mengejutkan dengan tersisihnya lifter pemegang rekor dunia dari Tiongkok Chen Lijun akibat mengalami keram kaki pada sesi clean and jerk. Atlet angkat besi unggulan tersebut cedera saat mencoba mengangkat beban 143 kg.

Atlet angkat besi dari Indonesia lainnya, Muhammad Hasbi, juga tampil di kelas 62 kg, namun atlet muda tersebut gagal mencapai peringkat tiga besar, dengan angkatan total 290 kg.

Sumber : rio2016.com
Sumber Gambar Sampul : Lars Baron / Getty Images

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini