4 Makanan Manis Pencuci Mulut dari Tempe

4 Makanan Manis Pencuci Mulut dari Tempe
info gambar utama

Tempe adalah sumber protein yang murah dan mudah didapat. Tempe termasuk bahan makanan serba guna yang mudah diolah. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai ini biasanya dimasak sebagai sayur atau lauk. Tapi tahukah anda, tempe juga bisa diolah menjadi dessert lezat yang manis? Berikut adalah 4 makanan manis pencuci mulut yang bisa dibuat dari tempe:

  1. Es Krim

Es krim adalah makanan yang digemari oleh segala jenis usia. Es krim tempe pertama dibuat sekitar tahun 2006 oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Namun sekarang banyak industri rumahan yang juga membuat es krim dari tempe. Tempe dapat digunakan sebagai bahan campuran adonan es krim, bisa juga dimanfaatkan sebagai topping dari es krim.

es krim tempe. foto: detik.com
info gambar

Dengan es krim tempe anda tidak perlu khawatir dengan efek es krim yang menggemukkan badan. Es krim tempe dinilai lebih sehat dari es krim biasanya. Kadar lemak dan gulanya sangat rendah. Meski begitu, rasanya tidak kalah lezat dengan es krim lainnya.

  1. Cokelat
coklat tempe de'konco. foto: blogspot.com
info gambar

Inovasi coklat dari tempe pertama kali dilakukan oleh industri rumahan di Malang, Jawa Timur. Pada 2011 lalu mereka berhasil memadukan kelezatan cokelat dan renyahnya tempe. Kreasi cokelat dari tempe ini kemudian diberi merek de'Konco. Saat ini ada lima varian rasa yang dapat dinikmati dari cokelat tempe milik de'Konco. Diantaranya, Milk Chocolate Tempe, White Chocolate Tempe, Apple Chocolate Tempe, Strawberry Chocolate Tempe, dan Coklat Pedas.

  1. Brownies
brownies tempe. foto: ytimg.com
info gambar

Brownies adalah kue cokelat padat yang biasanya dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Saat ini variasi kue cokelat ini pun semakin beragam, mulai dari dicampurkan dengan keju, gula-gula, hingga kopi. Tapi di Malang ada inovasi brownies berbahan dasar tempe. Brownies ini menggunakan bahan dasar tepung olahan tempe juga potongan tempe goreng yang menciptakan sensasi renyah pada brownies.

  1. Puding
puding tempe. foto: ins kitchen
info gambar

Tempe juga bisa dijadikan bahan tambahan untuk membuat puding. Pembuatannya tidak jauh berbeda dengan pudding lainnya, hanya tinggal menambahkan tempe kukus yang telah dihaluskan ke dalam adonan pudding sebelum dimasak. Sajian puding tempe bisa dicampur dengan buah-buahan dan dinikmati bersama vla.


Sumber : detik.com dan sumber lain
Sumber Gambar Sampul : bp.blogspot.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini