Kabar gembira kembali hadir dari dunia sastra untuk Indonesia. Penulis kebanggaan Indonesia Eka Kurniawan terdaftar dalam nominasi ajang FT/OppenheimerFunds Emerging Voice Awards 2016 dalam kategori fiksi melalui buku karyanya yang berjudul Manusia Harimau. Pemenang ajang ini nantinya akan diumumkan di New York Public Library pada 26 September mendatang.

Dilansir dari The Jakarta Post, Eka Kurniawan mengaku tidak menyangka akan masuk dalam nominasi tersebut. “Penghargaan ini merupakan apresiasi yang besar bagi karya saya,” ujar Eka. Sebelum menjajaki FT/OppenheimerFunds Emerging Voices Awards, Manusia Harimau juga masuk dalam nominasi dalam Man Booker International Prize 2016. “Saya tidak pernah menduga bisa masuk nominasi dalam dua penghargaan tersebut,” tambah Eka.

Eka mengaku tidak pernah mendaftarkan karya-karyanya dalam ajang penghargaan semacam itu, bahkan ia tidak pernah meminta kepada penerbit bukunya. “Tapi mungkin ini didaftarkan oleh penerbit karena mereka punya hak dan kepercayaan terhadap karya yang telah diterbitkan,” jelas Eka.

Adapun FT/OppenheimerFunds Emerging Voices Awards kembali digelar untuk tahun keduanya dan memberikan penghargaan kepada para seniman di bidang fiksi, produksi film, dan karya seni. Tahun ini pihak pengelola telah memilih lebih dari 790 pengajuan dari 60 negara.

Eka Kurniawan sendiri merupakan salah satu penulis terbaik Indonesia yang telah menerbitkan empat novel, empat cerpen, dan sebuah karya nonfiksi. Salah satu bukunya, Manusia Harimau, telah diterjemahkan ke dalam enam bahasa. Sementara itu, novel sebelumnya Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas akan segera dibuat versi filmnya dan rencananya akan mulai syuting pada 2017 mendatang.


Sumber : Jakarta Post
Sumber Gambar :Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu