Lupa Sandi?

Di Popcon Asia, Talenta-talenta Kreatif Indonesia Bakal Bersaing Dalam Creative Business Cup

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Di Popcon Asia, Talenta-talenta Kreatif Indonesia Bakal Bersaing Dalam Creative Business Cup

Jakarta akhir minggu ini akan ramai didatangi para penggemar seni dan budaya-budaya populer. Berbagai macam hasil kreatifitas dari Asia akan tumpah ruah dipamerkan dalam event Popcon Asia yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai 12-14 Agustus 2016. Tidak hanya menjadi tuan rumah pameran karya, tetapi dalam pada tahun ini talenta-talenta kreatif Indonesia juga bakal bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi Creative Business Cup. 

Creative Business Cup merupakan kompetisi awalan dari Creative Business Cup internastional yang akan diadakan di Kopenhagen Denmark pada bulan November mendatang. Kompetisi yang dipersembahkan oleh Kibar, Ciputra Group melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), Kreavi, Gaharu, Scan Shipping Indonesia, dan Global Entrepreneurship Network Indonesia itu akan menyeleksi insan-insan industri kreatif dari seluruh Indonesia. Creative Business Cup merupakan kompetisi startup yang mengajak creativepreneur Indonesia untuk menciptakan startup berbasis kreativitas, inovasi dan teknologi.

Hal yang paling unik dari kompetisi kreatif biasanya, pada Creative Business Cup kali ini, anak-anak bangsa akan dituntut untuk membuat sebuah startup yang berpola pikir kreatif dari para creativepreneur. Selain itu, startup juga harus memiliki kreativitas, memiliki inovasi dan memanfaatkan teknologi secara efektif. Tidak hanya itu, startup yang terpilih juga harus memiliki model bisnis yang berkelanjutan dan mampu mengembangkan ide-ide yang kreatif dan inovatif sebagai solusi bagi masyarakat Indonesia.

Peran bisnis kreatif saat ini dipandang sangat penting mengingat selama ini industri kreatif telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan dan pengembangan inovasi-inovasi baru di kalangan industri tradisional. Startup creative kerap menjadi jembatan kolaborasi inovasi lintas sektor antara masyarakat dengan dengan perusahaan melalui produk-produk yang dihasilkan. 

Baca Juga

Menyadari peranan industri kreatif tersebut, Kibar, Ciputra Group melalui Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC), Kreavi, Gaharu, Scan Shipping Indonesia, dan Global Entrepreneurship Network Indonesia  menyediakan wadah bagi industri kreatif untuk maju ke babak internasional melalui Creative Business Cup.

Kompetisi yang akan digelar malam ini akan mempertandingkan 14 bidang startup yang mewakili 14 sub-sektor industri kreatif yaitu advertising, architecture arts and antique markets, kriya, design, fashion, film video and photography, gastronomy, leisure activities, musik, publishing, radio and television, software, computer games and electronic publishing, toys and games, visual and performing arts.

Dari ratusan peserta yang akan melakukan presentasi, beradu argumen dan menjelaskan rencana-rencana bisnisnya akan terpilih 10 kreator terbaik berdasarkan penilaian juri. Juri pada kompetisi kali ini adalah Anto Motulz, Art Director Kreavi.com; Sanny Gaddafi, CEO 8villages; Antonius Tanan, President of the Ciputra Entrepreneurship Center and Secretary of the Ciputra Foundation Represent Business Development; Dennis Adishwara, CEO Layaria; Andi Martin, CEO Kratoon Channel; Wisnu Nugroho, Editor in Chief Kompas.com dan Lilis Megantini Sundari, Country Manager of PT Scan-Shipping Indonesia. 

Para pemenang itu akan menjadi perwakilan Creative Business Cup Internasional dari Indonesia akan berkompetisi dengan 45 wakil dari negara lain. Pemenang global dari kompetisi ini akan memenangkan hadiah sebesar 15,000 Euro, serta mendapat fasilitas Stylus full-membership selama satu tahun senilai 20.000 Euro dan Microsoft Bizspark Plus senilai 110.000 Euro. Untuk pemenang kedua dan ketiga akan mendapatkan Stylus full-membership  selama satu tahun senilai 20.000 Euro dan Microsoft Bizspark Plus senilai 110.000 EURO.

Melalui siaran pers yang diterima GNFI, Kibar, Ciputra Group, Kreavi,Gaharu, Scan Shipping Indonesia, dan Global Entrepreneurship Network Indonesia berharap bahwa dengan hadirnya Creative Business Cup, kompetisi ini mampu melahirkan banyak kreator Indonesia yang mampu menciptakan banyak startup berkualitas. Perusahaan karya anak bangsa yang mengutamakan kreativitas, inovasi dan memberikan solusi untuk masyarakat luas.

Sumber : GNFI
Sumber Gambar Sampul : vimeo.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie