Gonda Mangrove Park

Gonda Mangrove Park
info gambar utama

Menyebut Nusantara sebenarnya ada hal yang tersirat, jajaran pulau-pulau membentang dengan geografis wilayah laut Indonesia mencapai 75,3% dari total luas wilayah negeri khatulistiwa yang keindahannya sering di samakan dengan Atlantis yang hilang.

Mangrove atau hutan bakau salah satu aset yang dimiliki oleh bangsa ini. Namun pengelolaan hutan bakau sering dianaktirikan dalam pengelolaan hutan di Indonesia. Kondisi saat ini, luas Mangrove di Indonesia semakin berkurang. Jika pada 1982, hutan mangrove seluas 4,2 juta hektar, kini tersisa sekitar 3,7 juta hektar saja.

Dengan melihat kondisi seperti ini, pemuda sahabat pesisir daerah Gonda, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dengan sangat antusias membentuk sebuah perkumpulan atau komunitas yang mereka namai Sahabat Pesisir. Komunitas ini merupakan sebuah perkumpulan bagi pemuda yang memiliki jiwa untuk membudidayakan dan memelihara kembali pohon bakau yang secara liar tumbuh dipesisir pantai Gonda.

Pengembangan dan pemeliharaan dimulai sejak maraknya pemuda-pemudi yang menjadikan pantai sebagai salah satu pilihan alternative untuk menghabiskan liburan di pantai. Hingga saat ini, perbaikan demi perbaikan terus di lakukan.

Daerah Sulawesi Barat, khususnya kabupaten Polewali Mandar merupakan salah satu daerah yang masih tertinggal. Sejak satu dekade terakhir memisahkan diri dari Sulawesi Selatan, membuatnya harus belajar mandiri dalam mengembangkan daerah dan aset yang dimiliki.

Tidaklah berkembang suatu daerah tanpa Sumber Daya Manusia yang memadai. Di butuhkan pemuda-pemudi daerah yang mempunyai semangat dalam membangun dan melestarikan daerahnya. Oleh karena itu, sahabat pesisir merupakan salah satu wujud komunitas yang akan membangun daerah Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang salah satunya adalah pengembangan wilayah lautan yang dioptimalisasikan akan menjadikan Indonesia yang mendunia. Pesona Indonesia yang menjadi Icon Pariwisata Indonesia turut andil di dalamnya. Pemeliharan hutan bakau, terumbu karang, dan berbagai jenis flora dan fauna yang kehidupan, perkembang biakannya bergantung kepada laut turut dilestarikan.

Sumber : Siti Nurul Rahma
Sumber Gambar Sampul : Sahabat Pesisir

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini