Prestasi-prestasi Pramuka Indonesia yang Patut Kita Banggakan

Prestasi-prestasi Pramuka Indonesia yang Patut Kita Banggakan
info gambar utama

Tepat hari ini, 14 Agustus 2016, diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional ke-55. Sudah selama ini tentu Pramuka Indonesia tidak cuma berdiam diri melakukan kegiatan kepramukaan di dalam negeri. Tidak sedikit prestasi buat Indonesia ditorehkan oleh kawan-kawan kita dari Pramuka. Oleh karenanya, kita harus bangga pada tim Pramuka kita karena nyatanya prestasi-prestasi tersebut sudah terkenal ke seluruh dunia.

Pada tahun 2010 tercatat anggota Pramuka Indonesia adalah yang terbanyak di seluruh dunia, yakni sekitar 17 juta anggota. Hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia memberlakukan wajib pramuka di sekolah-sekolah mulai dari sekolah dasar. Hal ini membuat beberapa negara lain ingin menerapkan kebijakan yang sama, seperti Thailand dan Jepang. Tak dinyana, gerakan Pramuka memang sangat bermanfaat bagi pengembangan diri anak-anak bangsa.

Dari sekian banyak anggota pramuka Indonesia tersebut, berikut adalah prestasi yang berhasil ditorehkan oleh para wakil kita:

2011

Caption (Sumber Gambar)

Pramuka Indonesia menorehkan rekor dunia pada 23 Oktober 2011 karena berhasil mengangkat bendera merah putih dari kedalaman laut 5 meter di Pantai Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur. Bendera yang diangkat pun tak tanggung-tanggung lebarnya, yakni 1.000 meter persegi dengan rincian 25x40 meter. Menurut Record Holders Republic yang bermarkas di Inggris, aksi seperti ini belum pernah terjadi di dunia.

Rekor ini dinilai spektakuler dan mendapatkan penghargaan “human achievement” karena menunjukkan upaya manusia untuk menciptakan sesuatu dengan usaha yang sangat keras. Selain itu, prestasi ini juga menyangkut faktor jumlah penyelam yang mencapai 416 orang, besarnya bendera, dan kondisi alam.

2012

Caption (Sumber Gambar)

Ahmad Arif Harahap dari SMPN 1 Medan berhasil menjuarai lomba dalam “Eno Malaysia Award 2012” atau Pramuka Lingkungan idup Sedunia yang dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia. Ahmad mendapatkan juara I untuk kategori Water Project Standart Presentation.

2015

Caption (Sumber Gambar)

Indonesia dipastikan terpilih sebagai salah satu anggota Organisasi Pramuka se-Asia Pasifik atau Asia Pasific Regional (APR) Scout Committee untuk periode 2015-2021. Keanggotaan Indonesia ini menunjukkan bahwa pramuka Indonesia adalah salah satu pramuka terbaik di dunia. Hal ini pun membuat Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan John Prasetio sangat bangga.

2016

kompas.com
info gambar

Pada 7 Agustus lalu, salah satu putra Pramuka Indonesia, Kak Eko Sulistio berhasil menaklukkan puncak tertinggi di dunia, yakni Puncak Kilimanjaro, Tanzania Afrika. Ia bersama timnya melakukan ekspedisi ini dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. Eko berhasil mencapai puncak Kilimanjaro di Stella Point dengan ketinggian 5756 Mdpl dan puncak Uhuru Peak di ketinggian 5895 Mdpl. Perjalanan ini ditempuh selama delapan hari. Untuk mengabadikannya, Kak Eko juga mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Kilimanjaro.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Caption (Sumber Gambar)

Dalam sejarah pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjadi salah satu sosok yang sangat berjasa dalam membawa gerakan pramuka ke seluruh pelosok Indonesia. Oleh Presiden Soekarno pada tahun 1961, Sri Sultan HB IX didaulat untuk menggerakkan pramuka ke sleuruh Indonesia.

Tak hanya itu, Sri Sultan HB IX juga banyak mendapat penghargaan di kancah internasional, seperti Bronze Wolf Award pada tahun 1984 yang merupakan penghargaan tertinggi World Organization od the Scout Movement, dan tahun sebelumnya mendapat Boy Scouts of America berupa Silver World Award.



Sumber :
Sumber Gambar :

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini